Kamis, 22 September 2016

Bab III: UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA KELAS IX-A SEMESTER II SMP NEGERI 3 TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013



 UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA KELAS IX-A SEMESTER II SMP NEGERI 3 TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Seting Penelitian
     1.  Tempat Penelitian
         Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tawangsari, Sukoharjo.
     2.  Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan pada semester satu, bulan Agustus Tahun pelajaran 2010 / 2011.
B. Metode Penelitian
     Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dalam Bimbingan (PTK BK), dengan menggunakan desain penelitian : Diagnostik.
       C. Variabel Penelitian
            1.  Variabel Input
Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IXA SMP Negeri 3 Tawangsari semester I tahun pelajaran 2010/2011.
2.  Variabel Proses
     Pemberian Layanan Bimbingan Belajar kepada siswa kelas IXA SMP Negeri 3 Tawangsari semester I tahun pelajaran 2010/2011.
3.  Variabel Output
     Meningkatnya prestasi belajar siswa kelas IXA SMP Negeri 3 Tawangsari semester I tahun pelajaran 2010/2011.
D. Tindakan Bimbingan
     1. Perencanaan
         a. Menyusun rencana pemberian layanan bimbingan belajar.
         b. Mengatur ruangan kelas sebaik, serapi dan senyaman mungkin.
         c.  Persiapan data yang diperlukan.
     2.  Pelaksanaan
         a. Pemberian layanan bimbingan belajar dilaksanakan selama dua kali.
         b. Pelaksanaan dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 3 Tawangsari.
            3.  Observasi
Ternyata secara antusias sekali siswa didalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan belajar.
            4.  Evaluasi dan refleksi
Setelah diadakan pemberian layanan bimbingan belajar, ternyata siswa menyadari kesalahan – kesalahan dilakukan saat belajar baik rutinitasnya, metodenya dan motivasi belajarnya. Namun apabila hasil dari layanan ini masih belum seperti yang diharapkan maka perlu diberikan layanan bimbingan belajar disiklus berikutnya.
       E.  Teknik pengumpulan data
Di dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi.


       F. Validasi data.
Data yang digunakan sangatlah valid karena merupakan laporan hasil belajar yang dilakukan oleh siswa itu sendiri
       G. Analisa data
Dapat dianalisa apabila masalah prestasi belajar yang rendah setelah diberikan layanan bimbingan belajar yang tepat prestasinya akan meningkat.
       H. Jadwal Kegiatan
           
No
Kegiatan
Bulan Agustus
Bulan September
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
2.
3.
4.
Pengamatan Lapangan
Perumusan Masalah
Penyusunan Proposal
Kegiatan Penelitian
Siklus I
a.     Perencanaan
b.     Pelaksanaan
c.      Observasi
d.     Evaluasi / Refleksi
Siklus II










Tidak ada komentar:

Posting Komentar