UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI KONSELING
KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL PADA SISWA KELAS 8D SMP NEGERI 2
SUKOHARJO
Semester II Tahun pelajaran 2012/2013
BAB III
METODOLOGI
PENGEMBANGAN
A. Setting Penelitian
1. Tempat Penelitian
Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Sukoharjo,Jl Veteran 35 Sukoharjo,yang
mengambil obyek pada kelas 8D.
2.
Waktu Pelaksanaan
Penelitian ini dilaksanakan tiga bulan yaitu
mulai bulan September minggu ke-2 sampai
dengan Nopember 2012,waktu tiga bulan tersebut meliputi: tahap persiapan,tahap
pelaksanaan observasi dan pelaporan.
Adapun jadwal penelitian dapat di lihat pada tabel
berikut ini :
Tabel
1. Jadwal kegiatan pelaksanaan PTBK
|
NO
|
Jadwal Kegiatan
|
Sept
|
Okto
|
Nop
|
Ket
|
||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
|
||||
|
A.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
1.
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
2.
|
Pembuatan Instrumen,alat pengumpul data
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
3.
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
|
|
|
|
||||
|
B
|
|
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
||||
|
1.
|
Perencanaan
tindakan
|
|
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|||
|
2.
|
Implementasi tindakan siklus 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
3.
|
Observasi
dan Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|
|
|||
|
4.
|
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
|
|||
|
5.
|
Implementasi
tindakan siklus ke 2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
|
|
|||
|
6.
|
Observasi
dan Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
|||
7. |
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
8.
|
Analisis
dan interprestasi data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|
|||
|
9.
|
Perumusan
hasil kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
V
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
B. Subyek Penelitian
Subyek
Pengembangan Model Konseling di sini adalah siswa kelas 8D tahun pelajaran
2012/2013 yang berjumlah 42 siswa dengan 20 siswa laki-laki dan 22 siswa
perempuan. Tarap kecerdasan mereka diatas rata-rata , dengan
prestasi belajar Matematika, IPA dan Bahasa Inggris sedang. Kelas ini termasuk
banyak pelanggaran seperti anak sering tidak mengerjakan PR, banyak
keluhan dari guru bahwa anak sering
ramai, mengantuk dan malas saat guru ada
di kelas.
C. Sumber
Data
1.Wawancara dengan guru dan siswa
2.Nilai akademik siswa
3.Wawancara dengan teman sejawat
D.Teknik Dan Alat Pengumpulan Data
Alat dan
teknik pengumpulan data dalam pengembangan model konseling ini adalah pedoman
Wawancara untuk wawancara siswa dan guru, Pedoman Observasi untuk untuk
mengobservasi saat proses konseling kelompok berlangsung dengan angket untuk
mengumpulkan data tentang motivasi belajar siswa. Berikut penjelasan secara
lebih rinci :
1. Wawancara
Menurut
Suharsimi Arikunto (2002:132), Wawancara adalah sebuah dialog yang dilakukan
oleh pewawancara untuk memperoleh informasi dari terwawancara. Disini konselor
menyusun daftar pertannyaan yang akan di sampaikan kepada guru mata pelajaran
dan siswa tujuannya untuk mendapatkan umpan balik tentang proses belajar
mengajar di kelas 8D SMP Negeri 2 Sukoharjo
Adapun daftar pertanyaan yang disusun
sebagai pedoman wawancara adalah sebagai berikut:
a. Untuk Guru Mata pelajaran
1) Siapa saja siswa yang sering tidak mengikuti
pelajaran ?
2) Siapa saja siswa yang kadang-kadang/sering tidak
mengerjakan tugas/PR ?
3) Siapa saja yang sering tidak konsentrasi atau ramai
saat pelajaran di kelas ?
4) Siapa saja yang menunjukan sikap malas,enggan saat
pelajaran?
5) Siapa saja yang nilai ulangan hariannya jelek ?
b. Untuk Siswa
1) Apakah Anda sering tidak
ikut pelajaran tertentu ?
2) Apakah anda kadang-kadang / sering tidak mengerjakan
tugas/PR?
3) Apakah Anda sering tidak
konsentrasi ketika belajar di kelas ?
4) Apakah Anda sering malas
atau enggan saat belajar di kelas ?
5) Ulangan harian
mata pelajaran apa saja yang nilainya jelek ?
6) Mata pelajaran apa saja yang anda
rasa sulit atau yang membuat anda malas dengan mata pelajaran tersebut ?
7) Apakah anda membutuhkan bantuan
dalam mengerjakan PR ?
8) Apakah anda merasa punya masalah
dengan motivasi belajar?
9) Apakah anda membutuhkan bantuan
untuk menumbuhkan motivasi belajar?
10) Jika Konselor mengajak anda melakukan kegiatan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar apakah anda
bersedia?.
Penggunaan teknik pengumpulan
data dengan wawancara ini terutama untuk identifikasi kasus atau kajian
obyektif di lapangan .
2. Observasi
Pengertian
Observasi menurut Suharsimi Arikunto (2002: 133) adalah kegiatan yang meliputi
pemusatan perhatian terhadap suatu obyek dengan menggunakan seluruh alat
indera. Observasi disini digunakan konselor terutama saat proses konseling
kelompok berlangsung untuk mengamati jalannya proses konseling kelompok, dan
sesudah proses konseling kelompok untuk mengamati perubahan perilaku siswa.
Adapun pedoman observasi yang digunakan adalah sebagai berikut:
Tabel 2. Pedoman
Observasi Selama Konseling Kelompok
|
NO
|
Aspek Yang di Observasi
|
Indikator
|
Keterangan
|
|
|
Ada
|
Tidak
|
|||
|
1)
2)
3)
4)
5)
6)
7)
8)
9)
10)
|
Saling mengungkapkan masalah
Saling Perhatian
Saling memberi tanggapan
Komunikatif
Saling Menghargai
Hangat, Akrab dan nyaman
Kerjasama kelompok
Memberikan solusi
Mengambil kesimpulan
Membuat rencana
|
|
|
|
Tabel 3. Pedoman Observasi
Setelah Konseling Kelompok
|
NO
|
Aspek Yang di Observasi
|
Indikator
|
Keterangan
|
|
|
ada
|
Tidak
|
|||
|
1)
2)
3)
4)
5)
6)
7)
8)
9)
|
Hubungan antar anggota kelompok
Mengikuti semua mata pelajaran
Mengerjakan Tugas/PR
Mengikuti Les/Bimbingan belajar
Tidak membolos
Kehadiran/presensi
Konsentrasi Belajar di kelas
Peningkatan nilai ulangan harian
Perubahan perillaku positif lain :
...................................
Membuat rencana
|
|
|
|
E.Validasi
Data
Agar data yang dikumpulkan untuk penelitian valid
maka dalam proses pengumpulan data dilakukan suatu siklus yang meliputi
perencanaan,pelaksanaan,evaluasi dan tindakan.
F.Analisis Data
Dalam menganalisis data penelitian tindakan bimbingan konseling peneliti
membandingkan antara data yang diperoleh pada saat kondisi awal sebelum
diadakan tindakan,dibandingkan dengan data yang diperoleh setelah melalui tindakan pada siklus pertama dengan melalui
tindakan pada siklus kedua,disebut juga dengan menggunakan tindakan deskriptif
kwantitatif dan analisis observasi
Tindakan bimbingan konseling ini dapat digambarkan
sebagai berikut
|
|
||||||
![]() |
|||||||
Siklus
I
![]() |
|
|||||
![]() |
||||||

|
|
|
|
Siklus II
G.
Prosedur Penelitian
Prosedur yang digunankan adalah sebagai
berikut:
1.Pra
tindakan konseling kelompok
Data-data siswa
yang motivasi belajar rendah melalui pengamatan peneliti(anakdot).
2.Pelaksanaa
A.Siklus 1
1..Planning
-Merumuskan latar
belakang pentingnya penelitian
-Merumuskan masalah cara-cara yang
dilakukan untuk
melaksanankan tindakan.
2..Acting (Tindakan)
B.Siklus
II
C.Evaluasi dan Tindak lanjut



Tidak ada komentar:
Posting Komentar