Selasa, 20 September 2016

Bab II: UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA KELAS IX-A SEMESTER II SMP NEGERI 3 TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013



UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA KELAS IX-A SEMESTER II SMP NEGERI 3 TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013


BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.         Kajian Teori Tentang Prestasi Belajar
            1.    Pengertian Prestasi Belajar
a.  Menurut Sutratinah Tirtonegoro ( 1983 : 43 ) mengemukakan pretasi belajar adalah hasil dari pengukuran serta penilaian usaha belajar.
b. Menurut Bukhori ( 1989 : 94 ) menjelaskan prestasi belajar adalah hasil yang dicapai atau ditunjukkan oleh murid – murid sebagai hasil pelajarannya baik berupa angka ataupun huruf serta tindakan yang mencerminkan hasil belajar yang dapat dicapai masing – masing anak periode tertentu dalam belajarnya.
            2.    Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Belajar :
                   a.  Faktor Intern : yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa.
                   b.  Faktor Ekstern : Yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa atau yang sering dikenal dengan faktor sosial.
                   c.  Faktor situasional : yaitu faktor yang berasal dari situasi lingkungan lingkungan dan waktu saat itu.



B.         Kajian Teori dan Hipotesis Tentang Layanan Bimbingan Belajar
            1.    Pengertian Layanan Bimbingan Belajar
                   a. Menurut Erman Amti dan Marjohan ( 1992 : 98 ) layanan bimbingan belajar adalah proses bantuan yang diberikan kepada individu atau murid untuk dapat mengetahui masalah – masalah yang dihadapinya dalam belajar, agar setelah mengikuti kegiatan – kegiatan belajar, mereka dapat mencapai hasil yang lebih baik sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat yang dimiliki masing – masing murid.
                   b.  Menurut Muhamad Surya ( 1988 : 27 ) layanan bimbingan belajar adalah membantu anak – anak dalam mengatasi masalah masalah kesulitan belajar agar anak dapat mencapai prestasi yang optimal, dan mencapai perkembangan secara wajar, sehingga pada waktunya kelak dapat mengatasi masalah – masalah belajar secara mandiri.
            2.    Karakteristik Siswa
                        Siswa SMP Negeri 3 Tawangsari merupakan anak – anak dari keluarga perantauan, sehingga di rumah tidak ada bimbingan tentang bagaimana cara belajar yang baik sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat.
           

            3.    Kerangka Berpikir
                        Berdasarkan uraian di atas, maka maka apabila siswa mendapatkan layanan yang tepat maka prestasi belajar anak akan menjadi meningkat, dan apabila hal itu digambarkan akan tampak seperti gambar berikut :
Layanan
Bimbingan Belajar
 
                                                           
                       
Prestasi Belajar
Meningkat
 
Prestasi Belajar
Rendah
 
Siswa
 
           






 



            4.    Hipotesis
                        Berdasarkan kajian teori dan kerangka berfikir diatas, maka hipotesis ini dapat dirumuskan sebagai berikut : ” Bahwa  dengan pemberian layanan bimbingan belajar pada siswa akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa “.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar