UPAYA PENINGKATAN PRESTASI
BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR BAGI SISWA KELAS IX-A SEMESTER
II SMP NEGERI 3 TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian
Teori Tentang Prestasi Belajar
1. Pengertian Prestasi Belajar
a. Menurut Sutratinah
Tirtonegoro ( 1983 : 43 ) mengemukakan pretasi belajar adalah hasil dari
pengukuran serta penilaian usaha belajar.
b. Menurut Bukhori (
1989 : 94 ) menjelaskan prestasi belajar adalah hasil yang dicapai atau ditunjukkan
oleh murid – murid sebagai hasil pelajarannya baik berupa angka ataupun huruf
serta tindakan yang mencerminkan hasil belajar yang dapat dicapai masing –
masing anak periode tertentu dalam belajarnya.
2. Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Belajar :
a. Faktor Intern : yaitu faktor yang berasal dari
dalam diri siswa.
b. Faktor Ekstern : Yaitu faktor yang berasal
dari luar diri siswa atau yang sering dikenal dengan faktor sosial.
c. Faktor situasional : yaitu faktor yang berasal
dari situasi lingkungan lingkungan dan waktu saat itu.
B. Kajian Teori dan Hipotesis Tentang Layanan
Bimbingan Belajar
1. Pengertian Layanan Bimbingan Belajar
a.
Menurut Erman Amti dan Marjohan ( 1992 : 98 ) layanan bimbingan belajar adalah proses
bantuan yang diberikan kepada individu atau murid untuk dapat mengetahui
masalah – masalah yang dihadapinya dalam belajar, agar setelah mengikuti
kegiatan – kegiatan belajar, mereka dapat mencapai hasil yang lebih baik sesuai
dengan kemampuan, bakat dan minat yang dimiliki masing – masing murid.
b. Menurut Muhamad Surya ( 1988 : 27 ) layanan
bimbingan belajar adalah membantu anak – anak dalam mengatasi masalah masalah
kesulitan belajar agar anak dapat mencapai prestasi yang optimal, dan mencapai
perkembangan secara wajar, sehingga pada waktunya kelak dapat mengatasi masalah
– masalah belajar secara mandiri.
2. Karakteristik
Siswa
Siswa
SMP Negeri 3 Tawangsari merupakan anak – anak dari keluarga perantauan,
sehingga di rumah tidak ada bimbingan tentang bagaimana cara belajar yang baik
sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat.
3. Kerangka Berpikir
Berdasarkan
uraian di atas, maka maka apabila siswa mendapatkan layanan yang tepat maka
prestasi belajar anak akan menjadi meningkat, dan apabila hal itu digambarkan
akan tampak seperti gambar berikut :
|
|
|
|
4. Hipotesis
Berdasarkan kajian teori dan kerangka
berfikir diatas, maka hipotesis ini dapat dirumuskan sebagai berikut : ” Bahwa
dengan pemberian layanan bimbingan belajar pada siswa akan dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa “.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar