Senin, 15 Agustus 2016

Bab III: PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU HIDUP SEHAT MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I GROGOL TAHUN AJARAN 2012 /2013



PENINGKATAN PEMAHAMAN PERILAKU HIDUP SEHAT MELALUI  LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK  PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI I GROGOL
TAHUN AJARAN 2012 /2013
BAB: III
METODOLOGI PENELITIAN

A.    Setting Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Grogol, Timur Perum Telukan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, yang mengambil objek pada kelas VII. Peneliti mengambil lokasi penelitian ini untuk penelitian tindakan bimbingan konseling karena peneliti mengampu sebagai guru bimbingan dan konseling di kelas ini.

B.    Subyek Penelitian
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Grogol tahun ajaran 2012/2013.

C.    Sumber Data
a.     Wawancara dengan guru dan siswa.
b.     Catatan / rekap anak yang absen karena sakit dan ijin pulang karena sakit.
c.      Wawancara dengan teman sejawat.

D.    Teknik dan alat pengumpul data
1.   Teknik Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data pada penelitian tindakan bimbingan dan konseling menggunakan teknik :
a.    Observasi  ( Pengamatan ) : yaitu  dengan melakukan pengamatan  langsung tanpa perantara atau alat bantu apapun. Dalam hal ini peneliti melaksanakan pengamatan bersamaan dengan tindakan.
b.    Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi adalah salah satu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menginventaris dokumen yang ada. Metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang siswa yang sakit dan catatan dari guru piket.
c.    Wawancara atau Interview
Metode wawancara atau interview yaitu proses tanya jawab dua orang atau lebih berhadapan secara langsung atau tidak melalui media komunikasi. Wawancara dilakukan peneliti kepada pihak pihak yang terkait seperti siswa dan guru.
2.   Alat Pengumpulan Data
     Alat pengumpulan data yang dipergunakan meliputi :
a.      Blangko catatan Observasi
Data yang dikumpulkan dalam observasi ini adalah catatan siswa yang absen karena sakit dan ijin pulang karena sakit, kualitas proses bimbingan kelompok, lembar pedoman observasiyang berwujud kriteria penilaian keaktifan siswa dalam bimbingan kelompok.
b.     Blangko catatan Peristiwa
Blangko catatan peristiwa yang berupa catatan berkala absensi kehadiran siswa karena sakit dari petugas piket.
c.      Blangko Pedoman  Wawancara

E.    Teknik Analisis Data
Dalam menganalisis data penelitian tindakan bimbingan dan konseling, peneliti membandingkan antara data yang diperoleh pada kondisi awal sebelum diadakan tindakan, dibandingkan dengan data yang diperoleh setelah melalui tindakan ,disebut juga dengan menggunakan tindakan deskriptif kuantitatif dan analisis observasi.
F.     Indikator Kinerja
Apabila ada peningkatan penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini dikatakan berhasil apabila tercermin adanya peningkatan perilaku hidup sehat siswa dengan adanya perubahan menuju kondisi kesehatan lebih baik dari siklus pertama menuju siklus kedua dengan menurunnya frekuensi absen dan ijin pulang siswa karena sakit dalam satu bulan dari hari efektif karena adanya bimbingan kelompok.

G.   Prosedur Penelitian
Siklus I (Pertama)
1.     Perencanaan
2.     Pelaksanaan
3.     Observasi
4.     Refleksi

Siklus II ( Kedua)
1.     Perencanaan
2.     Pelaksanaan
3.     Observasi
4.     Refleksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar