PENINGKATAN
PEMAHAMAN PERILAKU HIDUP SEHAT MELALUI LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII
SMP NEGERI I GROGOL
TAHUN
AJARAN 2012 /2013
BAB:
III
METODOLOGI
PENELITIAN
A.
Setting
Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Grogol,
Timur Perum Telukan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, yang mengambil
objek pada kelas VII. Peneliti mengambil lokasi penelitian ini untuk penelitian
tindakan bimbingan konseling karena peneliti mengampu sebagai guru bimbingan
dan konseling di kelas ini.
B.
Subyek
Penelitian
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Grogol tahun ajaran 2012/2013.
C.
Sumber
Data
a.
Wawancara dengan guru dan siswa.
b.
Catatan / rekap anak yang absen
karena sakit dan ijin pulang karena sakit.
c.
Wawancara dengan teman sejawat.
D.
Teknik
dan alat pengumpul data
1. Teknik
Pengumpulan Data
Dalam
pengumpulan data pada penelitian tindakan bimbingan dan konseling menggunakan
teknik :
a.
Observasi ( Pengamatan ) : yaitu dengan melakukan pengamatan langsung tanpa perantara atau alat bantu
apapun. Dalam hal ini peneliti melaksanakan pengamatan bersamaan dengan
tindakan.
b.
Metode Dokumentasi
Metode
dokumentasi adalah salah satu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan
menginventaris dokumen yang ada. Metode ini digunakan untuk memperoleh data
tentang siswa yang sakit dan catatan dari guru piket.
c.
Wawancara atau Interview
Metode
wawancara atau interview yaitu proses tanya jawab dua orang atau lebih
berhadapan secara langsung atau tidak melalui media komunikasi. Wawancara
dilakukan peneliti kepada pihak pihak yang terkait seperti siswa dan guru.
2.
Alat
Pengumpulan Data
Alat pengumpulan data yang dipergunakan meliputi :
a.
Blangko catatan Observasi
Data
yang dikumpulkan dalam observasi ini adalah catatan siswa yang absen karena
sakit dan ijin pulang karena sakit, kualitas proses bimbingan kelompok, lembar
pedoman observasiyang berwujud kriteria penilaian keaktifan siswa dalam
bimbingan kelompok.
b.
Blangko catatan Peristiwa
Blangko
catatan peristiwa yang berupa catatan berkala absensi kehadiran siswa karena
sakit dari petugas piket.
c.
Blangko Pedoman Wawancara
E.
Teknik
Analisis Data
Dalam menganalisis data penelitian tindakan
bimbingan dan konseling, peneliti membandingkan antara data yang diperoleh pada
kondisi awal sebelum diadakan tindakan, dibandingkan dengan data yang diperoleh
setelah melalui tindakan ,disebut juga dengan menggunakan tindakan deskriptif
kuantitatif dan analisis observasi.
F.
Indikator
Kinerja
Apabila ada peningkatan penelitian tindakan
bimbingan dan konseling ini dikatakan berhasil apabila tercermin adanya
peningkatan perilaku hidup sehat siswa dengan adanya perubahan menuju kondisi
kesehatan lebih baik dari siklus pertama menuju siklus kedua dengan menurunnya
frekuensi absen dan ijin pulang siswa karena sakit dalam satu bulan dari hari
efektif karena adanya bimbingan kelompok.
G.
Prosedur
Penelitian
Siklus
I (Pertama)
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Observasi
4. Refleksi
Siklus
II ( Kedua)
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan
3. Observasi
4. Refleksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar