Senin, 08 Agustus 2016

Bab I: PROPOSAL PTBK PENERAPAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI EFEK MINUM MINUMAN KERAS PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BAKI TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013



PROPOSAL PTBK
PENERAPAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
MENGENAI EFEK MINUM MINUMAN KERAS
PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BAKI
                                                      TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Individu manusia secara utuh adalah manusia sebagai pribadi yang mempunyai ciri atau karakter hakiki atau sifat-sifat kodrati manusia yang seimbang antar berbagai ciri atau karakter atau sifat kodrati manusia yang seimbang dari berbagai segi yaitu segi individu dan sosial. Keseimbangan tersebut menggambarkan hubungan yang selaras antar manusia dengan dirinya sendiri, dengan semua manusia, dengan alam sekitar dan manusia dengan Tuhannya.
Seiring dengan fase tumbuh kembang remaja luasnya di masyarakat sekarang ini yang namanya minum minuman keras bukan lagi hal yang asing, tanpa memikirkan efek dan bahayanya, minum minuman keras atau yang disebut miras pada remaja mulai mencoba-coba mengkonsumsi/ minum minuman keras ini. Karena salah satu ciri dari remaja yaitu rasa ingin tahu yang besar sehingga mendorong remaja untuk mencoba.
Tak terkendali di masyarakat (sekolah) banyak peserta didik yang mulai mencoba minum-minuman terlarang ini, baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkuangan sekolah, bahkan hal ini dilakukan tidak bagi oleh siswa laki-laki saja, tetapi juga oleh siswa perempuan secara terang-terangan di luar sekolah maupun sembunyi-sembunyi. Pada saat kegiatan belajar karena di SMP Negeri 1 Baki kegiatan tidak hanya dilaksanakan di kelas di lingkungan sekolah tapi kegiatan belajar juga dilaksanakan di luar lingkungan sekolah kususnya pelajaran olahraga yang dilaksanakan di lapangan yang letaknya agak jauh dari sekolah, sehingga hal ini akan sangat memungkinkan siswa melakukan hal-hal yang sebenarnya dilarang oleh agama maupun hukum pada kususnya.
Sebenarnya kelas VIII sama atau tidak jauh berbeda kondisinya dengan kelas-kelas lain di SMPN 1 Baki, hanya saja kelas VIII memiliki kriteria pelanggaran tata tertib yang lebih banyak dibandingkan dengan kelas yang lain kususnya membolos, merokok dan minum minuman keras bahkan ada yang sudah mulai merokok dan miras dari kelas 6 SD. Berdasarkan data dan kenyataan diatas, maka dipandang perlu untuk diberikan bimbingan agar peserta didik khususnya kelas 8F SMPN 1 Baki memahami efek dan bahaya miras bagi diri pribadi maupun sosial pada umumnya. Sehingga hal yang dilarang oleh agama dan hukum ini tidak dilakukan lagi.

B.    Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah di atas, maka identifikasi masalahnya adalah :
1.      Pergaulan remaja perlu mendapatkan pengawasan dan bimbingan agar tidak salah dalam bergaul.
2.      Masalah miras sangat memperhatikan sehingga perlu adanya sosialisasi mengenai efek dan bahaya dari miras
3.      Upaya peningkatan pemahaman tentang efek dan bahaya miras dilakukan dengan menggunakan media audio visual bagi peserta didik.

C.    Pembatasan Masalah
Dari beberapa identifikasi masalah dapat dibatasi masalahnya, yaitu :
1.      Penelitian dilaksanakan di kelas 8F SMPN 1 Baki tahun pelajaran 2013/2013.
2.      Penelitian ini hanya membahas mengnai upaya meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap efek dan bahaya minum-minuman keras (miras) melalui penerapan media audio visual.

D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas penulis merumuskan masalah “Apakah dengan penerapan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap efek dan bahaya miras di kelas 8F SMPN 1 Baki Tahun 2012-2013 ?”
E.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini meliputi 2 tujuan, yaitu :
1.      Tujuan Umum
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap efek dan bahaya minum-minuman keras (miras).
2.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan pemahaman peserta didik kelas 8 SMPN 1 Baki tahun 2012-2013 mengenai efek dan bahaya minum minuman keras dengan menerapkan media audio visual.

F.     Manfaat Penelitian
a.      Manfaat Teoritis
-        Mendapatkan pengetahuan atau teori baru tentang pemahaman peserta didik terhadap efek dan bahaya miras.
-        Sebagai dasar yang dapat digunakan untuk penelitian berikutnya.
b.     Manfaat Praktis
-        Bagi Siswa :
·       Mampu memberikan wawasan yang berlebih kepada peserta didik mengenai pendekatan bimbingan dengan penerapan media audio visual sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap efek dan bahaya miras di kalangan remaja atau peserta didik di lingkungan sekolah.
-        Bagi Guru             :
·       Penelitian ini sangat berguna untuk mengetahui pendekatan bimbingan yang lain khususnya penerapan media audio visual dalam meningkatkan kualitas bimbingan
·       Sebagai masukan bagi sekolah untuk dikembangkan mata pelajaran yang lain.
-        Bagi Sekolah :
·       Hasil penelitian ini dapat memberi motivasi bagi guru BK lainnya untuk turut aktif melakukan penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar