PROPOSAL PTBK
PENERAPAN AUDIO VISUAL DALAM
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
MENGENAI EFEK MINUM MINUMAN KERAS
PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1
BAKI
TAHUN PELAJARAN 2012
– 2013
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Individu
manusia secara utuh adalah manusia sebagai pribadi yang mempunyai ciri atau
karakter hakiki atau sifat-sifat kodrati manusia yang seimbang antar berbagai
ciri atau karakter atau sifat kodrati manusia yang seimbang dari berbagai segi
yaitu segi individu dan sosial. Keseimbangan tersebut menggambarkan hubungan
yang selaras antar manusia dengan dirinya sendiri, dengan semua manusia, dengan
alam sekitar dan manusia dengan Tuhannya.
Seiring
dengan fase tumbuh kembang remaja luasnya di masyarakat sekarang ini yang
namanya minum minuman keras bukan lagi hal yang asing, tanpa memikirkan efek
dan bahayanya, minum minuman keras atau yang disebut miras pada remaja mulai
mencoba-coba mengkonsumsi/ minum minuman keras ini. Karena salah satu ciri dari
remaja yaitu rasa ingin tahu yang besar sehingga mendorong remaja untuk mencoba.
Tak
terkendali di masyarakat (sekolah) banyak peserta didik yang mulai mencoba
minum-minuman terlarang ini, baik di lingkungan sekolah maupun di luar
lingkuangan sekolah, bahkan hal ini dilakukan tidak bagi oleh siswa laki-laki
saja, tetapi juga oleh siswa perempuan secara terang-terangan di luar sekolah
maupun sembunyi-sembunyi. Pada saat kegiatan belajar karena di SMP Negeri 1
Baki kegiatan tidak hanya dilaksanakan di kelas di lingkungan sekolah tapi
kegiatan belajar juga dilaksanakan di luar lingkungan sekolah kususnya
pelajaran olahraga yang dilaksanakan di lapangan yang letaknya agak jauh dari
sekolah, sehingga hal ini akan sangat memungkinkan siswa melakukan hal-hal yang
sebenarnya dilarang oleh agama maupun hukum pada kususnya.
Sebenarnya
kelas VIII sama atau tidak jauh berbeda kondisinya dengan kelas-kelas lain di
SMPN 1 Baki, hanya saja kelas VIII memiliki kriteria pelanggaran tata tertib
yang lebih banyak dibandingkan dengan kelas yang lain kususnya membolos,
merokok dan minum minuman keras bahkan ada yang sudah mulai merokok dan miras
dari kelas 6 SD. Berdasarkan data dan kenyataan diatas, maka dipandang perlu
untuk diberikan bimbingan agar peserta didik khususnya kelas 8F SMPN 1 Baki
memahami efek dan bahaya miras bagi diri pribadi maupun sosial pada umumnya.
Sehingga hal yang dilarang oleh agama dan hukum ini tidak dilakukan lagi.
B. Identifikasi
Masalah
Dari
latar belakang masalah di atas, maka identifikasi masalahnya adalah :
1.
Pergaulan
remaja perlu mendapatkan pengawasan dan bimbingan agar tidak salah dalam
bergaul.
2.
Masalah
miras sangat memperhatikan sehingga perlu adanya sosialisasi mengenai efek dan
bahaya dari miras
3.
Upaya
peningkatan pemahaman tentang efek dan bahaya miras dilakukan dengan
menggunakan media audio visual bagi peserta didik.
C. Pembatasan
Masalah
Dari
beberapa identifikasi masalah dapat dibatasi masalahnya, yaitu :
1.
Penelitian
dilaksanakan di kelas 8F SMPN 1 Baki tahun pelajaran 2013/2013.
2.
Penelitian
ini hanya membahas mengnai upaya meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap
efek dan bahaya minum-minuman keras (miras) melalui penerapan media audio
visual.
D. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah tersebut di atas penulis merumuskan masalah “Apakah
dengan penerapan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap
efek dan bahaya miras di kelas 8F SMPN 1 Baki Tahun 2012-2013 ?”
E. Tujuan
Penelitian
Tujuan
penelitian ini meliputi 2 tujuan, yaitu :
1.
Tujuan
Umum
Tujuan umum dalam penelitian ini adalah
untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap efek dan bahaya
minum-minuman keras (miras).
2.
Tujuan
Khusus
Tujuan khusus yang ingin dicapai oleh
peneliti adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan pemahaman peserta
didik kelas 8 SMPN 1 Baki tahun 2012-2013 mengenai efek dan bahaya minum
minuman keras dengan menerapkan media audio visual.
F. Manfaat
Penelitian
a.
Manfaat
Teoritis
-
Mendapatkan
pengetahuan atau teori baru tentang pemahaman peserta didik terhadap efek dan
bahaya miras.
-
Sebagai
dasar yang dapat digunakan untuk penelitian berikutnya.
b.
Manfaat
Praktis
-
Bagi
Siswa :
·
Mampu
memberikan wawasan yang berlebih kepada peserta didik mengenai pendekatan
bimbingan dengan penerapan media audio visual sehingga dapat meningkatkan
pemahaman peserta didik terhadap efek dan bahaya miras di kalangan remaja atau
peserta didik di lingkungan sekolah.
-
Bagi
Guru :
·
Penelitian
ini sangat berguna untuk mengetahui pendekatan bimbingan yang lain khususnya
penerapan media audio visual dalam meningkatkan kualitas bimbingan
·
Sebagai
masukan bagi sekolah untuk dikembangkan mata pelajaran yang lain.
-
Bagi
Sekolah :
·
Hasil
penelitian ini dapat memberi motivasi bagi guru BK lainnya untuk turut aktif
melakukan penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar