Kamis, 11 Agustus 2016

Bab III: PENERAPAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI EFEK MINUM MINUMAN KERAS PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BAKI TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013



PENERAPAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
MENGENAI EFEK MINUM MINUMAN KERAS
PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BAKI
TAHUN PELAJARAN 2012 – 2013

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A.    Setting Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Baki Kabupaten Sukoharjo yang yang dilaksanakan selama 3 bulan dari Desember 2012 sampai Februari 2013.
No.
Jenis Kegiatan
Desember
Januari
Februari
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Menyusun proposal
























2.
Menyusun instrument
























3.
Mengumpulkan data

























4.
Melakukan tindakan kelas Siklus I

























5.
Melakukan tindakan kelas Siklus II

























6.
Menganalisis data dan menyusun laporan








B.    Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8F SMPN 1 Baki tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 20 putri dan 18 putra.

C.    Sumber Data
Sumber data berupa data primer dan data sekunder :
1.     Data primer yaitu data yang berasal dari jawaban atas pertanyaan dan dokumen sekolah selain data primer
2.     Data sekunder yaitu data yang berasal dari jawaban atas pertanyaan dan dokumen sekolah selain data.



D.    Teknik dan Alat Pengumpul Data
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1.     Pengamatan / Observasi
Observasi dilakukan untuk mengamati perkembangan peserta didik kelas 8 SMPN 1 Baki dalam memahami efek dan bahaya miras.
2.     Wawancara
Wawancara dilaksanakan untuk mendapatkan data dari orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran bimbingan konseling di SMPN 1 Baki baik guru maupun peserta didik.
3.     Analisis Dokumen
Analisis dokumentasi digunakan untuk melengkapi data yang digunakan dalam penelitian kususnya hasil tugas siswa (portofolio).

E.    Teknik Analisa Data / Validasi Data
Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
1.     Trianggulasi data untuk mengecek keabsahan (validasi data yang mengkonfirmasikan data yang telah ada dengan data sumber data untuk memastikan keabsahan data yang ada.
2.     Audit trial yaitu pengecekan keabsahan temuan penelitian dan mengkonfirmasikan kepada sumber data pertama (pendidik dan anak didik).
3.     Member check yaitu melakukan pengecekan terhadap keabsahan data yang mengkonfirmasikan data tersebut dengan sumber data.
Proses ini dilakukan pada akhir pelaksanaan program tindakan dan pada waktu berakhirnya keseluruhan program.

F.     Indikator
-        Penelitian dikatakan berhasil apabila peserta didik kelas 8 SMPN 1 Baki 85% telah memahami tentang efek dan bahaya miras.
-        Dikatakan cukup apabila peserta didik 70% telah mampu menjelaskan dengan sempurna tentang efek miras.
-        Dikatakan kurang dengan sempurna tentang bahaya dan efek miras.
G.   Prosedur Penelitian
1.     Perencanaan yaitu menyusun rencana yang akan dilaksanakan pada pelaksanaan tindakan pada setiap siklus yang difokuskan pada media yang digunakan dalam penelitian.
2.     Tindakan
Pelaksanaan tindakan dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya dan dilaksanakan sesuai ketersediaan sarana dan prasarana yang ada pada peserta didik kelas 8 SMPN 1 Baki.
3.     Observasi
Melihat apakah pelaksanaan semua rencana yang telah dibuat dengan baik tidak ada penyimpangan yang dapat memberikan hasil yang kurang maksimal. Observasi dilakukan oleh teman sejawat dalam satu tim dan dilakukan oleh perekaman dengan video.
4.     Refleksi
Hasil analisa data yang dilaksanakan sebagai bahan acuan untuk merencanakan siklus berikutnya dengan melihat kelebihan dan kekurangannya.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar