UPAYA
MENINGKATKAN SIKAP PATUH SISWA KELAS VIID TERHADAP TATATERTIB SEKOLAH MELALUI
KONSELING BEHAVIORISTIK SMP NEGERI 2 GATAK
TAHUN AJARAN
2012/2013
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitian
1.Tempat penelitian
Penelitian ini
dilakukan di SMP Negeri 2 Gatak Jalan Trangsan Gatak Kabupaten Sukoharjo yang
mengambil objek pada kelas VIID, peneliti mengambil lokasi tindakan bimbingan
konseling di kelas ini disebabkan peneliti menampu sebagai guru bimbingan dan
konselin di kelas ini.
2.Waktu penelitian
Penelitian ini
dilaksanakan selama 4 bulan yaitu yaitu bulan oktober 2012 sampai januari 2013.
Waktu empat bulan tersebut meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan atau
meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan atau observasi dan pelaporan.
Adapun jadwal penelitian sebagai berikut.
Tabel 3.1.
Jadwal
Kegiatan Pelaksanaan PTBK
|
NO
|
Jadwal Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
|||||||||||||||
|
Oktober
|
September
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1
|
Tahap Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.Pengumpulan data
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.Pembuatan instrumen
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.Penyusunan rancangan peneliti
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Tahap Pelaksanan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.Perencanaan tindakan
|
|
|
|
x
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.Tindakan siklus I
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.Observasi dan evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e.Tindakan siklus II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f. Observasi dan evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
g. Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
h.Analisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
i.Perumusan hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
B. Subyek Penelitian
Subyek
penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Gatak
sebanyakempat anak yang pada pengamatan sehari-hari banyak melakukan
pelanggaran tata tertib sekolah, ke empat anak tersebut antara lain Rohmadi,
Wahyu Wicak, Satria Bintang dan Pandu Prilanto.
C. Sumber Penelitian
1.Wawancara
dengan guru MaPel dan teman-temanya
2.Catatan dari
buku jurnal, guru piket danpresensi
3.Catatan
anekdot rekort dari guru BK
D. Teknik dan Alat Pengumpul
data
Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut;
· Obervasi (pengamatan)
Merupakan suatu tehnik untuk melakukan pengamatan secara langsung
terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara langsung baik dilakukan
didalam kelas maupun diluar kelas.
· Dokumentasi
Yang dimaksud disini adalah me nginventariskan dokumen yang ada, disini
adalah kejadian-kejadian yang dilakukan klien mengenai pelanggaran terhadap
tata tertib yang diperoeh dari guru maple, guru piket maupun guru BK.
· Wawancara
Wawancara disini merupakan suatu tehnik pengumpulan data dengan jalan
mengumpulkan informasi dengan cara komunikasi langsung dengan sumber data(Jumhur1980;50)
Sumber data adalah orang yang akan diungkap (di interviu) secara langsung denan
cara tana jawab antara dua orang secara berhadap- hadapan atau lebih.
Alat Pengumpul data
Alat pengumpul data yang digunakan meliputi
a. Blangko catatan observasi
Data yang dikumpulkan adalah data-data
pelanggaran yang dilakukan terhadap tata tertib sekolah adapun kisi-kisi instrumenya
adalahsebagai berikut:
|
No
|
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
|
1
|
Datang terlambat
|
|
|
|
|
2
|
Baju tidak rapi
|
|
|
|
|
3
|
Bicara sendiri saat KBM
|
|
|
|
|
4
|
Gaduh dikelas/mengantuk
|
|
|
|
|
5
|
Tidak Bawa buku pelajaran
|
|
|
|
|
6
|
Sering ijin kebelakang saat KBM
|
|
|
|
b. Blangko catatan Peristiwa
Berupa catatan pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Adapun blangko
catatan peristiwa sebagai berikut.
|
No
|
Hari/tanggal
|
Nama
|
Kelas
|
Kejadian
|
keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Blangko Pedoman Wawancara
Kisi-kisi wawancara
|
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
|
1
|
Mengapa kamu suka datang terlambat?
|
|
|
2
|
Mengapa kamu tidak pernah merapikan baju?
|
|
|
3
|
Mengapa kamu suka mengobrol saat guru menerangkan?
|
|
|
4
|
Mengapa kamu sering mengantuk?
|
|
|
5
|
Mengapa kamu sering tidak bawa buku pelajaran?
|
|
|
6
|
Mengapa kamu sering ijin kebelakang?
|
|
E. Validasi Data
Agar data yang dikumpulkan untuk penelitian valid maka proses pengumpulan
data dilakukan suatu siklus yang meliputi (1) perencanaan, (2)pelaksanaan (3)
evaluasi, sesuai dengan karateristik penelitian kwantitatis, peneliti sebagai
pengumpul data yang utama serta dibantu oleh berbagai pihak ataupun teman
sejawat adapun kegiatan pada saat penelitian yaitu; observasi atau pengamatan,
wawancara dan dokumentasi.
F. Analisis Data
Dalam melakukanpenelitian tindakan bimbingan dan konseling peneliti
membandingkan data saat kondisi awal sebelum dilakukan tindakan dengan data
yang diperoleh setelah melalui tindakan siklus pertama dan dengan melalui
siklus ke dua juga menggunakan tindakan diskriptif kuatitatif.
G. Indikator Kinerja
Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila ada perubahan sikap siswa
menjadi lebih patuh melaksanakan dan mentaati tata tertib sekolah tanpa ada
paksaan serta kesadaran sendiri melalui proses konseling behavioral.
H. Prosedur Penelitian
Penelitian menggunakan tindakan bimbingan dan konseling, cirinya bahwa
proses penelitian ini dengan melakukan suatu siklus adapun langkah-langkah yang
digunakan sebagai berikut;
1. Pra
tindakan bimbingan dan konseling
Data-data siswa yang
melanggar tata tertib baik melalui pengamatan peneliti maupun data-data Lain
yang mendukung.
2. Pelaksanaan siklus 1
[pertama]
a. Planing
Peneliti
mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang akan diteliti yaitu masalah
ketidak patuhan siswa terhadap tata tertip sekolah
b. Acting
[tindakan]
persiapan, pengumpulan data, pengolahan, rekomendasi bantuan.
c. Observing
Peneliti menggunakan pengamatan serta konseling secara
individual
d. Reflrcting
Yaitu langkah mencermati, mengkaji serta menganalisis secara mendalam dan
menyeluruh, tindakan yang dilaksanakan didasarkan pada data yang telah
dikumpulkan lalu di analisis dan hasilnya direfleksikan untuk perencanaan
siklus ke dua.
1. Pelaksanaan siklus II [dua]
Siswa yang melanggar tata
tertib;
a. Daftar siswa yang melanggar tata tertib dan jumlah pelanggaran
b. Layanan ko0nseling behavioral
c. Siswa yang melanggar 3 kali dalam satu minggu orang tua di panggil
4. Evaluasi dan Tindak lanjut
Apabila ada siwa yang
melakukan pelanggaran lebih dari 3 kali dalam satu minggu walaupun sudah ada
penanganan khusus pada siklus satu maupun silus dua maka orang tua dipanggil
untuk diadakan rapat khusus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar