MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG CARA
BELAJAR EFEKTIF
MELALUI LAYANAN BIMBINGAN AKADEMIS PADA SISWA
KELAS VIII E
SEMESTER I SMP NEGERI 4 TAWANGSARI
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Bab I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Belajar merupakan suatu kewajiban dan biasa
dilakukan oleh seorang pelajar.Belajar merupakan suatu proses penguasaan
terhadap sesuatu. Hasil dari proses belajar di sekolah bagi siswa adalah
prestasi belajar.Prestasi belajar yang rendah merupakan suatu pertanda ada
sesuatu masalah yang perlu mendapat perhatian khusus dalam kegiatan belajarnya.
Berdasarkan
hasil wawancara dari beberapa sumber yaitu guru mata pelajaran, wali kelas dan
analisis dokumen yaitu hasil ulangan
peneliti temukan beberapa anak yang berprestasi rendah.Prestasi yang
rendah ditentukan oleh banyak hal yaitu factor internal dan factor eksternal
salah satunya adalah cara belajarnya.
Cara
belajar pada siswa sangat menentukan prestasi belajar.Biasanya siswa belajar
hanya membaca saja. Pada hal membaca adalah merupakan langkah awal atau pintu
masuk dalam belajar.Setelah membaca ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan
dalam proses belajar untuk dapat menguasai materi yang dipelajari, namun hal
ini tidak dilakukan oleh siswa.
Kebanyakan
siswa kurang memahami konsep cara belajar yang
efektif.Apa dan bagaimana, cara belajar efektif belum dipahami apalagi melakukannya.Sehingga siswa baru
melakukan belajar sesuai dengan konsep /pengertian belajar yang saat ini
diketahui.
Kenapa
siswa masih banyak yang belum memahami konsep cara bejarar efektif ? Karena
peneliti sebagai guru pembimbing belum melakukan layanan akademik secara
maksimal.Pada giliranya guru pembimbing segera dapat memberikan layanan
akademik secara maksimal sehingga siswa dapat memahami konsep cara belajar
efektif yang berdampak pada presatsi
belajar siswa
B.
Identifikasi Masalah
1.
Mengapa
pemahaman konsep tentang cara belajar efektif rendah ?
2.
Mengapa
pemahaman konsep tentang cara belajar efektif perlu ditingkatkan ?
3.
Apa
sajakah fsktor-faktor yang menyebabkan pemahaman konsep tentang cara belajar
rendah ?
4.
Bagaimana
caranya pemahaman konsep tentang cara belajar efektif dapat menigkat ?
5.
Apa
yang dilakukan oleh konselor agar pemahaman konsep tentang cara belajar efektif
dapat meningkat ?
C.
Pembatasan
Masalah
Masalah
yang akan diteliti adalah sebagai berikut :
1.
Pemahaman
konsep tentang cara belajar efektif kepada siswa kelas VIII E Semester II SMP
Negeri 4 Tawangsari
2.
Layanan
bimbingan akademis kepada siswa kelas VIII E
Semester II SMP Negeri 4 Tawangsari.
3.
Penelitian
dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Januari s.d Maret 2013.
D.
Perumusan
Masalah
Perumusan
Masalah pada penelitan ini adalah :
Apakah
dengan melalui layanan bimbingan akademis pemahaman konsep tentang cara belajar
efektif dapat ditingkatkan ?
E.
Tujuan
Penelitian
1.
Tujuan
Umum : meningkatkan pemahaman konsep tentang belajar efektif .
2.
Tujuan
Khusus : meningkatkan pemahaman konsep tentang cara belajar efektif pada siswa
kelas VIII E semester II SMP Negeri 4 Tawangsari Tahun Pelajaran 2012 / 2013.
F.
Manfaat
Penelitian
Manfaat
Teoristis.
1.
Mendapat
wawasan / pengetahuan tentang pemahaman konsep tentang cara belajar efektif
2.
Sebagai
dasar penelitian selanjutnya.
Manfaat
Praktis.
1.
Bagi
siswa : peningkatan pemahaman konsep tentang cara belajar efktif.
2.
Bagi
guru : guru mendapatkan pengetahuan yang baru bagaimana meningkatkan pemahaman
konsep tentang cara belajar efektif.
3.
Bagi
sekolah : mendapatkan bantuan dari
peneliti dalam peningkatan pemahaman konsep tentang cara belajar efektif bagi
siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar