Rabu, 13 Juli 2016

Bab I : MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG CARA BELAJAR EFEKTIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN AKADEMIS PADA SISWA KELAS VIII E SEMESTER I SMP NEGERI 4 TAWANGSARI TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013



MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG CARA BELAJAR EFEKTIF
MELALUI LAYANAN BIMBINGAN AKADEMIS PADA SISWA KELAS VIII E
SEMESTER I SMP NEGERI 4 TAWANGSARI
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013



Bab I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Belajar merupakan suatu kewajiban dan biasa dilakukan oleh seorang pelajar.Belajar merupakan suatu proses penguasaan terhadap sesuatu. Hasil dari proses belajar di sekolah bagi siswa adalah prestasi belajar.Prestasi belajar yang rendah merupakan suatu pertanda ada sesuatu masalah yang perlu mendapat perhatian khusus dalam kegiatan belajarnya.
Berdasarkan hasil wawancara dari beberapa sumber yaitu guru mata pelajaran, wali kelas dan analisis dokumen yaitu hasil ulangan  peneliti temukan beberapa anak yang berprestasi rendah.Prestasi yang rendah ditentukan oleh banyak hal yaitu factor internal dan factor eksternal salah satunya adalah cara belajarnya.
Cara belajar pada siswa sangat menentukan prestasi belajar.Biasanya siswa belajar hanya membaca saja. Pada hal membaca adalah merupakan langkah awal atau pintu masuk dalam belajar.Setelah membaca ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan dalam proses belajar untuk dapat menguasai materi yang dipelajari, namun hal ini tidak dilakukan oleh siswa.
Kebanyakan siswa kurang memahami konsep cara belajar yang  efektif.Apa dan bagaimana, cara belajar efektif  belum dipahami  apalagi melakukannya.Sehingga siswa baru melakukan belajar sesuai dengan konsep /pengertian belajar yang saat ini diketahui.
Kenapa siswa masih banyak yang belum memahami konsep cara bejarar efektif ? Karena peneliti sebagai guru pembimbing belum melakukan layanan akademik secara maksimal.Pada giliranya guru pembimbing segera dapat memberikan layanan akademik secara maksimal sehingga siswa dapat memahami konsep cara belajar efektif yang berdampak pada  presatsi belajar siswa

B.     Identifikasi  Masalah
1.      Mengapa pemahaman konsep tentang cara belajar efektif rendah ?
2.      Mengapa pemahaman konsep tentang cara belajar efektif perlu ditingkatkan ?
3.      Apa sajakah fsktor-faktor yang menyebabkan pemahaman konsep tentang cara belajar rendah ?
4.      Bagaimana caranya pemahaman konsep tentang cara belajar efektif dapat menigkat  ?
5.      Apa yang dilakukan oleh konselor agar pemahaman konsep tentang cara belajar efektif dapat meningkat ?

C.     Pembatasan Masalah
Masalah yang akan diteliti adalah sebagai berikut :
1.      Pemahaman konsep tentang cara belajar efektif kepada siswa kelas VIII E Semester II SMP Negeri 4 Tawangsari
2.      Layanan bimbingan akademis kepada siswa kelas VIII E  Semester II SMP Negeri 4 Tawangsari.
3.      Penelitian dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Januari s.d Maret 2013.


D.    Perumusan Masalah
Perumusan Masalah pada  penelitan ini adalah :
       Apakah dengan melalui layanan bimbingan akademis pemahaman konsep tentang cara belajar efektif dapat ditingkatkan ?


E.     Tujuan Penelitian
1.      Tujuan Umum : meningkatkan pemahaman konsep tentang belajar efektif .
2.      Tujuan Khusus : meningkatkan pemahaman konsep tentang cara belajar efektif pada siswa kelas VIII E semester II SMP Negeri 4 Tawangsari Tahun Pelajaran 2012 / 2013.

F.     Manfaat Penelitian
Manfaat Teoristis.
1.      Mendapat wawasan / pengetahuan tentang pemahaman konsep tentang cara belajar efektif
2.      Sebagai dasar penelitian selanjutnya.
Manfaat Praktis.
1.      Bagi siswa : peningkatan pemahaman konsep tentang cara belajar efktif.
2.      Bagi guru : guru mendapatkan pengetahuan yang baru bagaimana meningkatkan pemahaman konsep tentang cara belajar efektif.
3.      Bagi sekolah : mendapatkan  bantuan dari peneliti dalam peningkatan pemahaman konsep tentang cara belajar efektif bagi siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar