Minggu, 17 Juli 2016

Bab III : UPAYA MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013



UPAYA MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS MELALUI
LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX
SMP NEGERI 2 POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO
TAHUN PELAJARAN 2012/2013




Bab III
METODOLOGI PENELITIAN

A.    Setting penelitian
      Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Polokarto tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 14 siswa, penilaian ini dilaksanakan dengan dasar pertimbangan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat sehingga dapat diketahui membolos termasuk perilaku menyimpang dan mencari solusinya.

B.    Waktu Penelitian
      Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 selama 3 bulan. Agar pelaksanaan kegiatan penelitian tidak terganggu oleh berbagai kegiatan kelas dan juga tidak mengganggu proses belajar mengajar, maka penyusunan waktu pelaksanaan ditetapkan dengan bijaksana.

C.    Subyek Penelitian
         Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah 144 siswa kelas IX SMP N 2 Polokarto yang terdiri dari 6 kelas.




D.    Desain Penelitian
         Penelitian ini menggunakan desain tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus.

                              Rincian kegiatan pada setiap tahapan dalam penelitian:


Tindakan
 
 
                                                  


Pengamatan
 
Perencanaan
 
SIKLUS I


 









                             
Pengamatan
 
Perencanaan
 
                       
SIKLUS II











Oval: Refleksi

 


                                                 


 


                                                                                          
Tindakan
 
                                                                       







Perencanaan
 

Pengamatan
 

 
SIKLUS III



 












E.     Sumber Dana
F.     Teknik dan Alat Pengumpul Data
1.     Teknik Pengumpul Data
2.     Alat Pengumpul Data
G.    Teknik Analisa Data
H.    Prosedur Penelitian
Siklus I ( Pertama )
1.     Perencanaan
   Pada putaran ini, peneliti melakukan observasi awal, setelah itu melakukan penyusunan Rencana Pembelajaran (RP), lalu menyusun instrument observasi, dan yang terakhir menentukan jadwal pelaksanaan.
2.     Pelaksanaan
   Pada tahap ini peneliti melakukan upaya perbaikn melalui layanan konseling kelompok, yang meliputi:
a.      Mempersiapkan segala kebutuhan untuk melakukan tindakan
b.     Mempersiapkan siswa untuk sesegera mungkin melakukan kegiatan
c.      Melaksanakan kegiatan sesuai rencana pembelajaran
d.     Melaksanakan pengolahan pengendalian
3.     Observasi
   Peneliti mengamati dan mencatat perilaku siswa pada saat proses konseling kelompok, yaitu dengan mengamati tingkah dan sikapnya, bagaimana siswa menanggapi pendapat teman, serta keseriusan dalam mengikuti konseling kelompok dari awal sampai akhir.
4.     Refleksi
   Peneliti menganalisis hasil pengamatan sementara dengan berdasarkan atas situasi konseling kelompok dan pengamatan lewat guru piket harian. Dalam konseling kelompok akan diketahui sejauh mana siswa aktif berpendapat, sehingga diketahui siswa benar-benar serius berkeinginan untuk merubah perilaku membolos.

Siklus I akan digunakan sebagai pembandingan dalam tindakan pada siklus II.

Siklus II ( Kedua )
1.     Perencanaan
   Pada putaran II ini peneliti melakukan observasi awal, setelah itu melakukan penyusunan Rencana Pembelajaran (RP), lalu menyusun instrument observasi dan yang terakhir menentukan jadwal pelaksanaan


2.     Pelaksanaan
   Langkah tahap ini, mengetahui perkembangan sikap dan tingkah laku siswa yang mempunyai perilaku membolos pada siklus I. Peneliti tetap memberikan bimbingan konseling yang bertujuan untuk merubah perilaku membolos pada siswa SMP N 2 Polokarto.

3.     Observasi
   Peneliti mengamati dan mencatat perilaku siswa pada saat proses bimbingan konseling, yaitu dengan mengamati tingkah laku siswa bagaimana siswa menanggapi pendapat teman, serta keseriusan dalam mengikuti bimbingan kelompok.

4.     Refleksi
   Peneliti menganalisis hasil pengamatan sementar dengan berdasar situasi konseling kelompok dan pengamatan lewat guru piket harian. Dalam konseling kelompok akan diketahui sejauh mana siswa aktif dalam berpendapat.

Pada siklus II ini perilaku membolos sudah terkurangi.

Siklus III (Ketiga)
1.     Perencanaan
   Pada siklus III ini, peneliti melakukan observasi awal, setelah itu melakukan penyusunan Rencana Pembelajaran (RP) lalu menyusun instrument observasi, dan yang terakhir menentukan jadwal pelaksanaan.
2.     Tindakan
  Mengetahui perkembangan sikap dan tingkah laku siswa yang membolos. Berdasarkan hasil tindakan pada Siklus II, diketahui bahwa siswa mulai ada perbaikan dalam bersikap dan bertingkah laku. Peneliti tetap mengadakan konseling kelompok untuk mengetahui keseriusan siswa SMP N 2 Polokarto untuk mengubah perilakunya.
3.     Observasi
  Peneliti mengamati dan menyatat perilaku siswa pada saat proses konseling kelompok. Setelah mengamati selesai, penelitian akan mengadakan kerjasam dengan guru sebagai informan guna mengamati perubahan tingkah laku siswanya. Dan hasilnya siswa yang seringnya membolos ternyata sudah terkurangi secara teratur.
4.     Refleksi
  Peneliti menganalisis hasil pengamatan dengan berdasar atas konseling kelompok dan guru sebagai infroman guna mengamati perubahan tingkah laku siswanya tersebut.
A.    Instrumen Penelitian
      Sesuai dengan penelitiantindakan kelas, juga sumber data yang dimanfaatkan, maka teknik pengumpulan data menggunakan instrument, yaitu:
Observasi
Observasi digunakan dan diisi oleh peneliti dan guru.
Melalui observasi ini dapat diketahui tingkat perkembangan keaktifan siswa dalam berpendapat dari setiap tahap kegiatan penelitian tindakan yang dilakukan.

B.    Indikator Keberhasilan
      Penelitian ini dinyatakan telah berhasil apabila dari 10 siswa yang membolos telah menunjukan perubahan menjadi 2 siswa yang berperilaku membolos adalah sebagi berikut:
·       Siswa tidak lagi membolos baik pada pergantian jam umum membolos tanpa keterangan.
·       Siswa dapat meningkatkan pola piker positif sehingga tidak mempunyai perilaku membolos.
·       8 siswa yang tidak lagi membolos telah memenuhi kriterira keberhasilan.

I.       Jadwal Penelitian.

No
Kegiatan
BULAN
Januari
Pebruari
Maret
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Mengajukan judul


V









2
Menyusun proposal



V
V







3
Menyusun instrument





V






4
Pelaksanaan penelitian






V





5
Pembuatan draf laporan







V




6
Penyempurnaan laporan








V
V


7
Penyempurnaan laporan










V





Tidak ada komentar:

Posting Komentar