Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar
Melalui Layanan Bimbingan
Kelompok pada Siswa Kelas VIII D SMP
Negeri 4 Polokarto
Semester II Tahun Ajaran 2012/
2013
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
1. Tempat Penelitian
Penelitian
dilaksanakan di SMP Negeri 4 Polokarto, yang
beralamat: jalan Karanganyar-Jumapolo km 4,2 Genengsari, Polokarto, Sukoharjo.
Obyeknya adalah kelas VIIID. Peneliti
mengambil lokasi penelitian ini untuk penelitian tindakan Bimbingan dan
Konseling karena peneliti mengampu sebagai guru Bimbingan dan Konseling di
kelas ini.
2. Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan yaitu bulan Desember awal sampai dengan minggu ke-3 Februari tahun pelajaran
2012 / 2013. Waktu 3 bulan tersebut
meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan observasi dan pelaporan. Adapun jadwal kegiatannya adalah sebagai
berikut:
Tabel 3.1
Jadwal kegiatan pelaksanaan PTBK
|
No
|
Kegiatan
|
Desember
|
Januari
|
Februari
|
|||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1
|
Tahap Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Pengumpulan data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pembuatan instrument
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Penyusunan rancangan Penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Tahap Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Perencanaan tindakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Implementasi tindakan
siklus I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Observasi dan Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
e.
Implementasi tindakan
siklus II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
f.
Observasi dan evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
g.
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
h.
Analisis dan
Interpretasi data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
i.
Perumusan hasil kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tahap Pelaporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Subyek Penelitian
Subyek penelitian
Tindakan ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 4 Polokarto. Semester II tahun
ajaran 2012/ 2013.
C. Sumber Data
Sumber data berasal dari hasil wawancara dengan siswa, catatan absensi siswa, informasi dari guru mata pelajaran, wawancara
dengan rekan sejawat.
D. Teknik dan alat pengumpul
data
1.
Teknik pengumpulan data:
a.
Wawancara
b.
Observasi
c.
Dokumentasi
2.
Alat pengumpul data
a.
Pedoman dan lembar
wawancara
b.
Pedoman dan lembar observasi
c.
Dokumentasi
E. Teknik analisis data
Dalam menganalisis data
penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling, peneliti membandingkan antara data
yang diperoleh pasa saat kondisi awal sebelum diadakan tindakan, dibandingkan
dengan data yang diperoleh setelah melalui tindakan pada siklus pertama dengan
melalui tindakan pada siklus kedua, disebut juga dengan menggunakan tindakan
deskriptif kuantitatif dan analisis observasi.
F.
Prosedur Penelitian
Karena dalam Penelitian
Tindakan Bimbingan merupakan action research,
maka penelitian ini kami rancang menjadi dua siklus dengan tiap siklus terdiri
dari persiapan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Refleksi pada tiap siklus
digunakan sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya. Sehingga satu siklus
dengan siklus berikutnya saling terkait satu sama lain.
Siklus I
a.
Rencana tindakan
b.
Pelaksanaan tindakan
c.
Observasi
d.
Refleksi
Siklus II
a.
Rencana tindakan
b.
Pelaksanaan tindakan
c.
Observasi
d.
Refleksi
Penelitian Tindakan Kelas menurut Stephen Kemmis dan Robin Me Taggart
yang dikutip oleh Rochiyati Wiriaatmadja (2008: 66) seperti pada gambar
berikut:
![]() |
|||
|
|||
|
|
|
|||||||||
|
|||||||||
|
|||||||||
![]() |
Keterangan:
1.
Rencana tindakan
2.
Pelaksanaan tindakan
3.
Observasi
4.
Refleksi


Tidak ada komentar:
Posting Komentar