Kamis, 07 Juli 2016

Bab III: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 4 Polokarto Semester II Tahun Ajaran 2012/ 2013



Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar  
Melalui  Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII D  SMP Negeri 4 Polokarto 
Semester II  Tahun Ajaran 2012/ 2013

 

BAB III
METODE PENELITIAN

A.     Tempat dan Waktu Penelitian
     1.  Tempat Penelitian
         Penelitian dilaksanakan di  SMP Negeri 4 Polokarto,  yang beralamat: jalan Karanganyar-Jumapolo km 4,2 Genengsari, Polokarto, Sukoharjo. Obyeknya adalah kelas VIIID.  Peneliti mengambil lokasi penelitian ini untuk penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling karena peneliti mengampu sebagai guru Bimbingan dan Konseling di kelas ini.
     2.  Waktu Penelitian
         Penelitian dilaksanakan   selama  tiga bulan yaitu bulan Desember awal sampai dengan minggu ke-3 Februari tahun pelajaran 2012 / 2013. Waktu 3 bulan tersebut meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan observasi dan pelaporan.  Adapun jadwal kegiatannya adalah sebagai berikut:  
Tabel 3.1
Jadwal kegiatan pelaksanaan PTBK

No
Kegiatan
Desember
Januari
Februari
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Tahap Persiapan













a.     Pengumpulan data














b.     Pembuatan instrument














c.      Penyusunan rancangan       Penelitian












2
Tahap Pelaksanaan














a.     Perencanaan tindakan














b.     Implementasi tindakan siklus I













c.      Observasi dan Evaluasi














d.     Refleksi














e.     Implementasi tindakan siklus II













f.      Observasi dan evaluasi














g.     Refleksi














h.     Analisis dan Interpretasi data













i.       Perumusan hasil kegiatan












3
Tahap Pelaporan
















B.     Subyek Penelitian
         Subyek penelitian Tindakan ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 4 Polokarto. Semester II tahun ajaran 2012/ 2013.
C.     Sumber Data
         Sumber data  berasal dari hasil  wawancara dengan siswa,  catatan absensi siswa,  informasi dari guru mata pelajaran, wawancara dengan rekan sejawat.
D.    Teknik dan alat pengumpul data   
1.   Teknik pengumpulan data:
a.     Wawancara
b.     Observasi
c.      Dokumentasi
2.   Alat pengumpul data
a.     Pedoman dan lembar wawancara
b.     Pedoman dan lembar observasi
c.      Dokumentasi
E.     Teknik analisis data
         Dalam menganalisis data penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling, peneliti membandingkan antara data yang diperoleh pasa saat kondisi awal sebelum diadakan tindakan, dibandingkan dengan data yang diperoleh setelah melalui tindakan pada siklus pertama dengan melalui tindakan pada siklus kedua, disebut juga dengan menggunakan tindakan deskriptif kuantitatif dan analisis observasi.
F.      Prosedur Penelitian
         Karena dalam Penelitian Tindakan  Bimbingan merupakan action research, maka penelitian ini kami rancang menjadi dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari persiapan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Refleksi pada tiap siklus digunakan sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya. Sehingga satu siklus dengan siklus berikutnya saling terkait satu sama lain.

Siklus I
a.     Rencana tindakan
b.     Pelaksanaan tindakan
c.      Observasi
d.     Refleksi

Siklus II
a.     Rencana tindakan
b.     Pelaksanaan tindakan
c.      Observasi
d.     Refleksi         

Penelitian Tindakan Kelas menurut Stephen Kemmis dan Robin Me Taggart yang dikutip oleh Rochiyati Wiriaatmadja (2008: 66) seperti pada gambar berikut:











           Siklus 1
 

 





1
 
      
4
 
      












           Siklus 2
 






3
 





2
 




 
      


 








Keterangan:
1.   Rencana tindakan
2.   Pelaksanaan tindakan
3.   Observasi
4.   Refleksi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar