Minggu, 24 April 2016

PERUMUSAN, PENULISAN DAN PEMAJANGAN KOMITMEN SISWA MAMPU MENGENDALIKAN PENYIMPANGAN PERILAKU SISWA KELAS IX B SEMESTER I SMP TARAKANITA SOLO BARU TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016


PERUMUSAN, PENULISAN DAN PEMAJANGAN KOMITMEN SISWA MAMPU MENGENDALIKAN PENYIMPANGAN PERILAKU

 SISWA KELAS IX B SEMESTER I SMP TARAKANITA SOLO BARU TAHUN PEMBELAJARAN 2015-2016 



MENEMUKAN PERMASALAHAN PTBK
(ABSTRAKSI)

Hasil Refleksi Pemdampingan / Bimbingan :

1. Mata Pelajaran                                            : Bimbingan Konseling
2. Kelas                                                           : IX B SMP Tarakanita Solo Baru     
3. Kendala atau kesulitan yang dialami siswa:
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa kelas IX B , baik secara individual maupun klasikal, sebagian besar siswa seharusnya sudah menunjukkan sikap yang dewasa dan dapat dipertanggungjawabkan. Misalnya, siap menghadapi ujian sekolah / ujian nasional, kenyataannnya mereka kurang memiliki semangat (greget).  Mereka memiliki kecenderungan / anggapan bahwa ujian adalah bukan suatu masalah yang penting. Mereka lebih cenderung bersikap apatis (leleh luweh). Mereka memiliki anggapan bahwa waktu bisa diatur. Namun kenyataannya, banyak waktu yang terbuang sia-sia dengan berbagai aktivitas yang “menyimpang” dari perkiraan para guru dan orang tua. Sebagian besar siswa kelas IX B justru menunjukkan perilaku yang kurang diharapkan. Misalnya, bisa menjadi contoh dan figur adik-adik kelasnya, semakin memahami dan mentaati tata tertib sekolah yang berlaku.
Mereka kurang memiliki komitmen terhadap dirinya sendiri dan banyak dipengaruhi oleh dunia luar yang kenyataan cenderung berpengaruh negatif.
 


                                                           
4. Refleksi awal :
a.  Siswa:
Menurut beberapa siswa yang sempat diajak diskusi, mereka kurang memiliki semangat belajar karena terbatasnya sarana pengikat atau sesuatu hal yang bisa dijadikan sebagai pedoman pengingat. Lebih-lebih yang berupa rumusan tulisan sebagai indikator yang akan dicapai (komitmen) yang bisa dibaca setiap saat. Mereka kurang mampu mengontrol tingkahlakunya. Mereka lebih sering melakukan tindakan yang mereka sukai; yang kenyataannya kurang memberikan dukungan terhadap prestasi belajarnya.

b. Guru:
Beberapa Guru Mata Pelajaran menggerutu dan mengeluh karena siswa kelas IX B kali ini kurang menyadari jika mereka sudah duduk di bangku kelas IX B, sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir sebagai penentu kelulusan. Jika diberi tugas rumah, beberapa siswa tidak mengumpulkan hasil tugasnya. Sedangkan menurut saya (Peneliti / Guru Bimbingan dan Konseling), mereka lebih mengutamakan bermain dari pada belajar.

c.  Media Pembelajaran:
Berdasarkan pengamatan saya (Peneliti / Guru Bimbingan dan Konseling), sebagian besar siswa terpenuhi kebutuhan media belajarnya (buku, alat tulis, dan sejenisnya), baik yang diusahakan oleh orang tua mereka maupun disediakan oleh sekolah, akan tetapi mereka enggan untuk memanfaatkan fasilitas itu secara maksimal. Kemungkinan karena kurangnya pengarahan dan pengawasan dari orang tua / wali siswa dan guru.


ii
d. Proses PBM:
Proses pembelajaran yang “monoton” kemungkinan besar menjadi penyebab  penyimpangan perilaku dan kurangnya motivasi belajar siswa. Lebih diperparah lagi dengan metode, penggunaan sarana belajar, bentuk / model evaluasi yang kurang dipersiapkan / direncanakan. Sebagian besar siswa kurang merasa “tertantang” untuk maju.

5. Alternatif  terapi :
Melalui penulisan kalimat komitmen yang ditulis semenarik mungkin dan di pajang di tempat yang strategis dan setiap saat bisa dibaca, memungkinkan meningkatkan hasrat dan keinginan siswa untuk berperilaku positif, giat dan rajin belajar. Dan akhirnya mampu berprestasi.
Judul :
PERUMUSAN, PENULISAN DAN PEMAJANGAN KOMITMEN SISWA MAMPU MENGENDALIKAN PENYIMPANGAN PERILAKU
 SISWA KELAS IX B SEMESTER I SMP TARAKANITA SOLO BARU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

 





KATA PENGANTAR
            Puji syukur saya haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat,  berkat dan bimbingan-Nya, saya dapat menyelesaikan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling ini.
            Kami juga mengucapkan terima kasih kepada:
1. Isteri dan anak saya tercinta, yang telah memberikan dukungan demi terselesaikannya   PTBK ini.
2. Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Pusat dan Wilayah atas pembinaan, kesempatan, perhatian dan bimbingannya  yang diberikan kepada saya.
3. Kepala Sekolah dan rekan-rekan guru karyawan di SMP Tarakanita Solo Baru, yang telah dengan tulus hati bekerjasama dengan saya demi terselesaikannya PTBK ini.
4. Siswa – siswi SMP Tarakanita, khususnya siswa kelas IX B Semester I Tahun Ajaran 2015-2016.
5. Kepada semua pihak yang mendukung dan tidak bisa saya sebut satu persatu.
            Saya menyadari bahwa PTBK berjudul:
PERUMUSAN, PENULISAN DAN PEMAJANGAN KOMITMEN SISWA MAMPU MENGENDALIKAN PENYIMPANGAN PERILAKU SISWA KELAS IX B SEMESTER I SMP TARAKANITA SOLO BARU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Tentu masih banyak kesalahan dan kekurangannya, untuk itu dengan kerendahan hati, saya memohon saran dan kritik yang bersifat membangun dari semua pihak.
            Akhirnya saya berharap, semoga tulisan ini bisa menambah wawasan dan bahan pembelajaran bagi siapa saja yang berkepentingan.
                                                                                                Solo Baru, 12 Januari 2016
viii



 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar