UPAYA
MENGATASI PERILAKU MALAS BELAJAR MELALUI KONSELING EKLEKTIF DENGAN PENDEKATAN ATTENDING SISWA
KELAS VIII SEMESTER GENAP
SMP
NEGERI 1 BENDOSARI TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Bab: III
METODE PENELITIAN
A. Subyek Penelitian
Subyek penelitian
adalah siswa kelas VIII semester Genap SMP Negeri 1 Bendosari Tahun Pejaran
2012-2013 sebanyak 4 siswa,
terdiri dari 3 laki-laki dan 1 siswa perempuan.
B. Setting Penelitian
1. Waktu
Penelitian
Penelitian dilaksanakan
selama 4
bulan dimulai pada
minggu ke 1 bulan Januari sampai minggu ke 4 bulan Maret 2013.
2.Tempat Penelitian
Penelitian dilakukan
di tempat
dimana peneliti bertugas yaitu di SMP Negeri 1 Bendosari Kabupaten Sukoharjo.
C. Data dan Sumber Data
Data penelitian yang
dikumpulkan berupa informasi perilaku malas belajar siswa diperoleh dari :
1.
Hasil evaluasi belajar /raport
2.
Informasi atau narasumber , yaitu guru dan siswa
3.
Presensi kehadiran siswa
4.
Dokumentasi hasil prestasi akademik siswa kelas VII dan VIII
5.
Observasi/pengamatan saat pembelajaran dikelas
6.
Data dari orangtua/wali siswa
7.
Dokumentasi catatan perilaku siswa di BK
D. Tehnik Pengumpulan Data
Pengumpulan data
dilakukan melalui : wawanacara untuk sumber data responden, observasi untuk
sumber data peristiwa dan analisis dokumen untuk sumber data dokumen
E. Tehnik Analisis Data
Metode analisis data
yang digunakan dalam peneltian tindakan kelas ini adalah model Sprandley, dalam
pelaksanaan analisis data tidak dilakukan secara linear berurutan setelah semua
data terkumpul, melainkan akan dilakuakn secara simultan pada saat dan setelah data
terkumpul. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research). Metode ini dipilih
untuk mengatasi perilaku malas belajar melalui pendekatan konseling eklektif.
Metode ini sesuai dengan pendapat Ortrun Zuber Skerritt dalam bukunya New Direction in Action Research
(1996:3) yang berpendapat bahwa “metode penelitian yang tepat untuk
mengembangkan bidang pendidikan adalah penelitian tindakan”.
F. Indikator Keberhasilan
Indiktor keberhasilan dari penelitian ini adalah bahwa konseling eklektif dengan
pendekatan attending ini dapat secara efektik mengatasi perilaku malas
belajar siswa.
G. Prosedur Penelitian
1.Perencanaan Tindakan
Penelitian ini direncanakan akan
dilaksanakan dalam dua (2) siklus, siklus 1 dilaksanakan dalam 2 minggu dengan frekuensi
2 kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan berdasarkan refleksi terhadap siklus
1. siklus ini dilaksanakan dalam 2 minggu dengan frekuensi 2 kali pertemuan.
Setelah siklus 2 selesai direfleksi kembali. Selanjutnya hasil penelitian
dilaporkan.
Konseling ini akan dilaksanakan
melalui tahap-tahap sebagai berikut:
a.
Layanan informasi
b.
Menggunggah
kesadaran siswa
c.
Layanan
kontent
d.
Memberikan arahan
e.
Menentukan tindakan
f.
Melaksanakan tindakan
g.
Evaluasi
h.
Refleksi
Siklus 1
Untuk mendapatkan permasalahan dikumpulkan data mengenai
kendali diri dengan menyebarkan instrumen. Lalu diolah dan ditafsirkan untuk
memperoleh gambaran kendali diri siswa setelah memperoleh gambaran
direncanakanlah urutan tindakan yang mungkin dapat dilakukan secara rasional.
Tahap berikutnya dilakukan tindakan sesuai dengan urutan
prioritas dan setelah itu subjek diamati untuk memperoleh gambaran tentang
kekurangan dari pelaksanaan tindakan kemudian kekurangan dari pelaksanaan
tindakan. Selanjutnya dikumpulkan data sebagai bahan refleksi 1 yang
memungkinkan munculnya permasalahan baru.
Siklus 2
Pada siklus 2 dilaksanakan atas dasar bahan refleksi 1.
Kalau masih ada permasalahan baru yang muncul maka dibuatkan perencanaan
tindakan ke-2, lalu pelaksanaan tindakan ke-2. setelah itu, diamati, direfleksi
dan dievaluasi apakah sudah ada perubahan kea rah perbaikan atau belum. Jika
tidak memerlukan perbaikan berarti siklus sudah selesai dilaksanakan dan hasil
tindakan sudah dilakukan siswa.
- Pelaksanaan Tindakan
Peneliti melaksanakan tindakan sesuai dengan rencana dan jadwal yang
telah disiapkan
3. Observasi dan
evaluasi
Peneliti mengamati
tindakan yang dilaksanakan siswa serta mengumpulkan data-data untuk kepentingan
analisis.Evaluasi dilaksanakan assessment
tentang perubahan perilaku malas setelah dilakukan konseling eklektif dengan
attending dalam bentuk angket pilihan tertutup. Adapun sistem penyekorannya
adalah sebagai berikut: jawaban yang sesuai diberi skor 1 dan jawaban yang
tidak sesuai diberi skor 0.
4.Refleksi
Refleksi dilaksanakan
dengan tujuan untuk mengingat kembali apa yang sudah dilakukan dan menganalisa
atas hasil-hasil yeng telah dicapai/belum dicapai
Untuk lebih jelasnya dapat diamati pada siklus
penelitian berikut pada halaman berikut ini.

a. Jadwal Penelitian
|
NO
|
Rencana Kegiatan
|
DES
|
JAN
|
PEB
|
MAR
|
APR
|
||||||||||
|
Minggu ke-
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
|
|
1.
|
Penyerahan proposal
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Tindakan 1 & refleksi
|
|
|
|
x
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Tindakan 2 & refleksi
|
|
|
|
|
|
x
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Penyusunan laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
x
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Seminar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Penyempurnaan laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Penyerahan laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
Lap
|
|
|
|
|
9.
|
Penulisan artikel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JKT
|
x
|
x
|
|
|
|
Penyerahan artikel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
x
|
b. Daftar Pustaka
Calhoun, J.F. dan Acocella, J.R. Alih bahasa oleh RS.
Satmoko. (1995). Psikologi tentang
Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang:
IKIP Semarang
Press.
Dahar, Ratna W. (1996). Teori-teori
Belajar. Jakarta: Erlangga.
Logue, Alexandra W. (1995).
Self-Control
Waiting unti Tomorrow for What You Want Today. New Jersey: Prentice
Hall.
Pervin, L.A.
(1984). Personality: Theory and Research.
New York:
John Wiley & Sons, Inc.
Sukartini, Sri Patmah. (2003). Model Konseling Keterampilan Hidup untuk Mengembangkan Dimensi Kendali
Pribadi yang Tegar. Disertasi Doktor pada PPS UPI Bandung: tidak
diterbitkan.
Willis, Sofyan S. (2005). Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta
Lampiran 1
c.
Biaya Penelitian
|
No.
|
Uraian Kegiatan
|
Jumlah
|
|
1.
|
Pengadaan ATK
|
Rp. 50.000,-
|
|
2.
|
Proposal
Penelitian
|
Rp. 50.000,-
|
|
3.
|
Penyusunan
Instrumen Penelitian
|
Rp. 50.000,-
|
|
4.
|
Perencanaan
Teknis Pelaksanaan PTKBK
|
Rp. 50.000,-
|
|
5.
|
Dokumentasi
Penelitian
|
Rp. 50.000,-
|
|
6.
|
Analisis Data
|
Rp. ,-
|
|
7.
|
Konsumsi/Snack
4 x @ Rp. 20.000,-
|
Rp. 80.000,-
|
|
8.
|
Transportasi
untuk Observer dan Peneliti
|
Rp. 240.000,-
|
|
9.
|
Penyusunan
Laporan
|
Rp. 200.000,-
|
|
10.
|
Penggandaan
Laporan
|
Rp. 200.000,-
|
|
11.
|
Honorarium
Peneliti
|
Rp. 400.000,-
|
KISI-KISI INSTRUMEN
PENGUNGKAP KENDALI DIRI SISWA
|
Aspek
|
Indikator
|
Sub.
Indikator
|
No.
Butir Pernyataan
|
∑
|
|
|
+
|
-
|
||||
|
Penguasaan situasi
|
Berpikir positif
|
Dapat memikirkan manfaat
|
1, 2
|
21
|
|
|
Dapat menguasai perasaan
|
Dapat menguasai perasaan marah
|
3
|
22, 23
|
|
|
|
Dapat menguasai perasaan bahagia
|
4
|
24
|
|
||
|
Dapat menguasai cemas
|
5
|
25
|
|
||
|
Dapat mengatasi masalah
|
Dapat menganalisis masalah
|
6
|
26
|
|
|
|
Dapat memilih cara penyelesaian masalah
|
7, 8
|
27
|
|
||
|
Dapat mencari penyebab masalah
|
9
|
28
|
|
||
|
Mendahulukan pekerjaan yang
lebih penting
|
Masalah belajar
|
10, 11
|
29, 30
|
|
|
|
Masalah di luar belajar
|
12
|
31
|
|
||
|
Motivasi bertindak
|
Dapat memusatkan perilaku pada tujuan
|
Dapat menetapkan tujuan
|
13
|
32
|
|
|
Dapat mencapai tujuan
|
14
|
33
|
|
||
|
Dapat merencanakan masa depan
|
Memiliki cita-cita
|
15
|
34, 35
|
|
|
|
Dapat memilih cara mencapai cita-cita
|
16
|
36
|
|
||
|
Tidak terpengaruh hal-hal negatif dari lingkungan
|
Penolakan terhadap pengaruh negatif dari teman
sekolah
|
17
|
37, 38
|
|
|
|
Kesediaan menerima resiko
|
Bertanggung jawab terhadap perilaku
|
Bersedia menanggung akibat jika melakukan kesalahan
|
18
|
39
|
|
|
Memberi hadiah terhadap diri sendiri setelah
mencapai tujuan
|
19, 20
|
40
|
|
||
|
∑
|
20
|
20
|
40
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar