Minggu, 22 Mei 2016

UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI SCHOOL INFORMATION SYSTEM ( S I S ) KELAS VIII B SEMESTER GASAL SMP TARAKANITA SOLO BARU TAHUN AJARAN 2014 / 2015 Nama : Drs. Aloysius Sardi NIY : 04.96.0459 Unit Karya : SMP Tarakanita Solo Baru Disusun dalam Rangka Ujian Dinas III Yayasan Tarakanita 2015 YAYASAN TARAKANITA KANTOR WILAYAH JAWA TENGAH SMP TARAKANITA SOLO BARU 2015 MENEMUKAN PERMASALAHAN PTBK Hasil Refleksi Pemdampingan / Bimbingan : 1. Mata Pelajaran : Bimbingan Konseling 2. Kelas : VIII B SMP Tarakanita Solo Baru 3. Kendala atau kesulitan yang dialami siswa : Berdasarkan hasil Ulangan Tengah Semester I Tahun Ajaran 2014 / 2015, banyak siswa prestasi belajarnya menurun, yang kemungkinan besar disebabkan oleh motivasi belajarnya kurang. 4. Refleksi awal : 4.1 Siswa: Menurut beberapa siswa yang sempat diajak diskusi / diwawancarai, mereka enggan belajar di rumah karena merasa kurang nyaman, orang tua / wali siswa kurang memberikan perhatian dan sibuk dengan urusannya masing-masing. 4.2 Guru: Menurut penjelasan beberapa Guru Mata pelajaran, ketika dilaksanakan proses pembelajaran di kelas, banyak siswa yang kurang bergairah dan bersemangat. Jika diberi tugas rumah, beberapa siswa tidak mengumpulkan hasil tugasnya. Jika hal ini dikonfirmasikan (melalui telephone atau surat) dengan orang tuanya, beberapa orang tua kurang menaruh respon positif. Sedangkan menurut saya (Peneliti / Guru Bimbingan dan Konseling), beberapa siswa lebih mengutamakan bermain dari pada belajar. Kepada orang tua yang anaknya bermasalah dan diminta untuk datang di sekolah, banyak yang tidak mau hadir dengan berbagai alasan. 4.3 Media Pembelajaran: Berdasarkan pengamatan saya (Peneliti / Guru Bimbingan dan Konseling), sebagian besar siswa terpenuhi kebutuhan media belajarnya (buku, alat tulis, dan sejenisnya), tetapi mereka enggan (kurang memiliki motivasi) untuk memanfaatkan fasilitas itu secara maksimal. Kemungkinan karena kurangnya pengarahan dan pengawasan dari orang tua / wali siswa. 4.4 Proses PBM: Proses pembelajaran yang “monoton” kemungkinan besar menjadi penyebab kurangnya motivasi belajar siswa. Lebih diperparah lagi dengan penggunaan metode, sarana belajar, bentuk / model evaluasi yang kurang dipersiapkan / direncanakan. 5. Alternatif terapi : Dengan School Information System ( SIS) relasi / kerjasama dengan orang tua / wali siswa, diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi belajarnya maksimal. Judul : UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI SCHOOL INFORMATION SYSTEM (S I S) KELAS VIII B SEMESTER GASAL SMP TARAKANITA SOLO BARU TAHUN AJARAN 2014 / 2015 (PENDAHULUAN)



UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI SCHOOL INFORMATION SYSTEM ( S I S ) KELAS VIII B SEMESTER GASAL SMP TARAKANITA SOLO BARU
TAHUN AJARAN 2014 / 2015



















                                                Nama                   : Drs. Aloysius Sardi
                                                NIY                      : 04.96.0459
                                                Unit Karya          : SMP Tarakanita Solo Baru



         Disusun dalam Rangka Ujian Dinas III
       Yayasan Tarakanita 2015







YAYASAN TARAKANITA KANTOR WILAYAH JAWA TENGAH
SMP TARAKANITA
SOLO BARU
2015



MENEMUKAN PERMASALAHAN PTBK

Hasil Refleksi Pemdampingan / Bimbingan :

  1. Mata Pelajaran                                               : Bimbingan Konseling
  2. Kelas                                                               : VIII B SMP Tarakanita Solo Baru  
  3. Kendala atau kesulitan yang dialami siswa   :
Berdasarkan hasil Ulangan Tengah Semester I Tahun Ajaran 2014 / 2015, banyak siswa prestasi belajarnya menurun, yang kemungkinan besar disebabkan oleh motivasi belajarnya kurang.
 
  1. Refleksi awal :
4.1 Siswa:
Menurut beberapa siswa yang sempat diajak diskusi / diwawancarai, mereka enggan belajar di rumah karena merasa kurang nyaman, orang tua / wali siswa kurang memberikan perhatian dan sibuk dengan urusannya masing-masing.

4.2 Guru:
Menurut penjelasan beberapa Guru Mata pelajaran, ketika dilaksanakan proses pembelajaran di kelas, banyak siswa yang kurang bergairah dan bersemangat. Jika diberi tugas rumah, beberapa siswa tidak mengumpulkan hasil tugasnya. Jika hal ini dikonfirmasikan (melalui telephone atau surat) dengan orang tuanya, beberapa orang tua kurang menaruh respon positif. Sedangkan menurut saya (Peneliti / Guru Bimbingan dan Konseling), beberapa siswa lebih mengutamakan bermain dari pada belajar. Kepada orang tua yang anaknya bermasalah dan diminta untuk datang di sekolah, banyak yang tidak mau hadir dengan berbagai alasan.

4.3 Media Pembelajaran:
Berdasarkan pengamatan saya (Peneliti / Guru Bimbingan dan Konseling), sebagian besar siswa terpenuhi kebutuhan media belajarnya (buku, alat tulis, dan sejenisnya), tetapi mereka enggan (kurang memiliki motivasi) untuk memanfaatkan fasilitas itu secara maksimal. Kemungkinan karena kurangnya pengarahan dan pengawasan dari orang tua / wali siswa.

4.4 Proses PBM:
Proses pembelajaran yang “monoton” kemungkinan besar menjadi penyebab kurangnya motivasi belajar siswa. Lebih diperparah lagi dengan penggunaan metode, sarana belajar, bentuk / model evaluasi yang kurang dipersiapkan / direncanakan.

5.     Alternatif  terapi :
Dengan School Information System ( SIS) relasi / kerjasama dengan orang tua / wali siswa, diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi belajarnya maksimal.
Judul :
UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI SCHOOL INFORMATION SYSTEM (S I S) KELAS VIII B SEMESTER GASAL SMP TARAKANITA SOLO BARU TAHUN AJARAN 2014 / 2015

































Tidak ada komentar:

Posting Komentar