UPAYA MENINGKATAN
MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI SCHOOL
INFORMATION SYSTEM ( S I S ) KELAS VIII B SEMESTER GASAL SMP TARAKANITA
SOLO BARU
TAHUN AJARAN 2014 /
2015
Nama : Drs. Aloysius Sardi
NIY : 04.96.0459
Unit Karya : SMP Tarakanita Solo
Baru
Disusun dalam Rangka Ujian Dinas III
Yayasan
Tarakanita 2015
YAYASAN TARAKANITA KANTOR WILAYAH
JAWA TENGAH
SMP TARAKANITA
SOLO BARU
2015
MENEMUKAN PERMASALAHAN PTBK
Hasil
Refleksi Pemdampingan / Bimbingan :
- Mata Pelajaran : Bimbingan Konseling
- Kelas : VIII B SMP Tarakanita Solo Baru
- Kendala atau kesulitan yang dialami siswa :
Berdasarkan hasil Ulangan Tengah Semester I Tahun Ajaran 2014 / 2015,
banyak siswa prestasi belajarnya menurun, yang kemungkinan besar disebabkan
oleh motivasi belajarnya kurang.
- Refleksi awal :
4.1 Siswa:
Menurut beberapa siswa yang sempat diajak diskusi /
diwawancarai, mereka enggan belajar di rumah karena merasa kurang nyaman, orang
tua / wali siswa kurang memberikan perhatian dan sibuk dengan urusannya
masing-masing.
4.2 Guru:
Menurut penjelasan beberapa Guru Mata pelajaran,
ketika dilaksanakan proses pembelajaran di kelas, banyak siswa yang kurang
bergairah dan bersemangat. Jika diberi
tugas rumah, beberapa siswa tidak mengumpulkan hasil tugasnya. Jika hal ini
dikonfirmasikan (melalui telephone atau surat) dengan orang tuanya, beberapa
orang tua kurang menaruh respon positif. Sedangkan
menurut saya (Peneliti / Guru Bimbingan dan Konseling), beberapa siswa lebih
mengutamakan bermain dari pada belajar.
Kepada orang tua yang anaknya bermasalah dan diminta untuk datang di sekolah,
banyak yang tidak mau hadir dengan berbagai alasan.
4.3 Media Pembelajaran:
Berdasarkan pengamatan saya (Peneliti / Guru Bimbingan
dan Konseling), sebagian besar siswa terpenuhi kebutuhan media belajarnya
(buku, alat tulis, dan sejenisnya), tetapi mereka enggan (kurang memiliki
motivasi) untuk memanfaatkan fasilitas itu secara maksimal. Kemungkinan karena
kurangnya pengarahan dan pengawasan dari orang tua / wali siswa.
4.4 Proses PBM:
Proses pembelajaran yang “monoton” kemungkinan besar
menjadi penyebab kurangnya motivasi belajar siswa. Lebih diperparah lagi dengan
penggunaan metode, sarana belajar, bentuk / model evaluasi yang kurang
dipersiapkan / direncanakan.
5.
Alternatif terapi :
Dengan School Information System ( SIS) relasi
/ kerjasama dengan orang tua / wali siswa, diharapkan mampu meningkatkan
motivasi belajar siswa sehingga prestasi belajarnya maksimal.
Judul :
UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI SCHOOL INFORMATION SYSTEM (S I S) KELAS VIII B SEMESTER GASAL SMP
TARAKANITA SOLO BARU TAHUN AJARAN 2014 / 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar