Kamis, 26 Mei 2016

Bab: IV, UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI SCHOOL INFORMATION SYSTEM ( S I S ) KELAS VIII B SEMESTER GASAL SMP TARAKANITA SOLO BARU TAHUN AJARAN 2014 / 2015



BAB IV

PROSES DAN HASIL PENELITIAN


Siklus I

1. Perencanaan:

1.1  Mencari dan menemukan data-data:

1.1.1 Daftar Nilai Rapor Siswa Kelas VIII B Tengah Semester I Tahun Ajaran 2014 / 2015

NO
MATA PELAJARAN
NILAI RATA-RATA
KKM
YANG TUNTAS
YANG TDK TUNTAS
1
Pend. Agama
70
75
16 (42 %)
22 (58 %)
2
PKN
73
75
20 (53 %)
18 (47 %)
3
Bahasa Indonesia
73
75
19 (50 %)
19 (50 %)
4
Bahasa Inggris
72
75
18 (47 %)
20 (53 %)
5
Matematika
68
70
13 (34 %)
25 (66 %)
6
IPA
70
75
19 (50 %)
19 (50 %)
7
IPS
71
75
20 (53 %)
18 (47 %)
8
Seni Budaya
74
75
23 (61 %)
15 (39 %)
9
Pend. Jasmani
74
75
36 (95 %)
2 ( 5 %)
10
Ketrampilan
73
75
30 (79 %)
8 (20 %)
11
TI.Komputer
73
75
24 (63 %)
14 (37 %)
12
Mulok: Bhs.Jawa
68
75
16 (42 %)
22 (38 %)

Mulok: L. B. Ing
72
75
18 (47 %)
20 (53 %)

Rata-rata
71,62

21 (55 %)
17 (45 %)

1.1.2 Mengadakan diskusi / wawancara dengan Guru Mata Pelajaran, menyatakan bahwa sebagian besar siswa kurang memiliki motivasi belajar saat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di kelas.

1.2  Menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling:

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

1  Pokok Permasalahan/Bahasan     : Motivasi Belajar

2. Bidang bimbingan                                    : Belajar

3. Jenis layanan                                : Informasi

4. -  Fungsi layanan                          : Pemahaman dan  pencegahan

-  Dasar Pemikiran                        :

     Motivasi adalah suatu usaha yang mempunyai tujuan untuk menggerakkan, mengarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar terdorong untuk mencapai tujuan tertentu.

Motivasi memang sangat mendasari semua prilaku individu, bedanya ada yang dirasakan ada yang tidak, pada suatu perilaku yang sangat akut dan pada perilaku yang tidak kuat. Jadi bagi seorang pendidik dan orang tua, motivasi ini sangatlah perlu artinya untuk meningkakan kualiatas pendidikan.

Orang tua menjadi salah satu pemegang peranan penting dalam proses memotivasi belajar anak. Oleh karena itu, belajar formal di sekolah tidak bisa dipisahkan dari peran serta orang tua. Demi kepentingan anak, sekolah dan orang tua harus mempunyai keterikatan yang baik, hubungan yang harmonis sehingga anak pun dapat bertumbuh kembang secara maksimal sesuai dengan kemampuan emosional dan intelektualnya.

5. Tujuan layanan/hasil yang ingin dicapai :

a. Siswa mengetahui arti motivasi.
b. Siswa mengetahui jenis-jenis motivasi.
c. Siswa dapat mengetahui faktor-faktor yang dapat menumbuhkan motivasi belajarnya.
d. Siswa dapat dapat termotivi dalam belajar

6. Perwujudan Spiritualitas CB

    Standar Kompetensi:
a. Memahami dan menghayati  sikap syukur, tabah, berdaya juang dalam mencapai keberhasilan serta semangat ugahari dalam kehidupan di lingkungan      keluarga, sekolah, dan masyarakat (celebration)

b. Membangun disiplin sebagai sarana mewujudkan keteraturan dan keberhasilan hidup (kedisiplinan)

7.  Perwujudan berdasarkan Pendidikan Karakter Tarakanita (CELEBRATION)

Kompetensi Dasar
Memahami perlunya memiliki sikap tabah dan berdaya juang untuk mencapai keberhasilan hidup di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Indikator
Menunjukkan 3 contoh  peristiwa dalam mencapai keberhasilan yang
didasari sikap tabah

8. Sasaran layanan                                        : Siswa kelas VIII

9. Uraian kegiatan dan Materi layanan        :

a. Penjelasan tentang pengertian motivasi:

- Guru bersama siswa mendiskusikan, mengapa beberapa siswa memiliki nilai kurang memuaskan ?
(Harapan jawaban: siswa tersebut kurang disiplin dalam belajar, kurang memiliki daya juang, kurang memiliki motivasi dalam belajar)

- Guru bersama siswa mendiskusikan, apakah arti motivasi itu ?
(Harapan jawaban: Motivasi adalah suatu usaha yang mempunyai tujuan untuk menggerakkan, mengarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar terdorong untuk mencapai tujuan tertentu.)

b. Macam-macam motivasi:
- Guru bersama siswa mendiskusikan , Sebutkan jenis-jenis motivasi  !
  (Harapan jawaban: Motivasi intrinsik adalah hal dan keadaan yang berasal dari dalam diri individu sendiri yang dapat mendorongnya melakukan tindakan belajar. Sebagaimana yang dikemukakan di atas bahwa motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan oleh faktor pendorong dari luar individu).

c.  Guru bersama siswa mendiskusikan, faktor-faktor saja yang dapat menumbuhkan motivasi belajar ?
     (Harapan jawaban: situasi rumah, sarana belajar, kesempatan belajar, pengawasan orang tua).

d. Siswa disuruh membuat kalimat komitmen berkaitan dengan motivasi belajarnya.
     Contoh:
                                              Mulai hari ini Ronny
                                                         Harus lebih tekun belajar
                                             
10. Metode                                                     : Ceramah , diskusi, tanya jawab, unjuk kerja

11. Tempat penyelenggaraan layanan         : Ruang kelas

12. Hari/Tanggal                                          :

13. Penyelenggara layanan                          : Guru BK

14. Pihak lain yang disertakan dalam layanan:

15. Alat perlengkapan yang dipergunakan  :

16. Keterkaitan layanan dengan layanan/pendukung lain:

17. Rencana penilaian dan tindak lanjut      :

a. Penilaian, partisipasi siswa dan hasil unjuk kerja
Tindak lanjut, bimbingan khusus


Solo Baru,     Desember 2014
Mengetahui Kepala Sekolah                                                            Guru BK



Y. Joko Wiharjo, SPd.                                                        A. Sardi


2. Pelaksanaan Kegiatan

3. Observasi

3.1 Menganalisis daftar nilai hasil ulangan satu Kompetensi suatu mata pelajaran:

NO
MATA PELAJARAN
NILAI RATA-RATA
KKM
YANG TUNTAS
YANG TDK TUNTAS
1
Pend. Agama
71
75
17 (45 %)
21 (55 %)
2
PKN
73
75
21 (55 %)
17 (45 %)
3
Bahasa Indonesia
73
75
19 (50 %)
19 (50 %)
4
Bahasa Inggris
73
75
18 (47 %)
20 (53 %)
5
Matematika
68
70
13 (34 %)
25 (66 %)
6
IPA
71
75
20 (53 %)
18 (47 %)
7
IPS
71
75
20 (53 %)
18 (47 %)
8
Seni Budaya
74
75
23 (61 %)
15 (39 %)
9
Pend. Jasmani
74
75
37 (97 %)
1 (3 %)
10
Ketrampilan
75
75
38 (100%)
0 (o %)
11
TI.Komputer
73
75
24 (63 %)
14 (37 %)
12
Mulok: Bhs.Jawa
68
75
16 (42 %)
22 (58 %)

Mulok: L. B. Ing
73
75
18 (47 %)
20 (53 %)

Rata-rata
72,07

22 (58 %)
16 (42 %)
           
3.2  Melakukan diskusi / wawancara dengan Guru Mata pelajaran berkaitan dengan motivasi belajar siswa selama mengikuti proses kegiatan belajar mengajar:

No
Nama Guru
Pendapat
1
P. Jetty Suryadewi, S.Ag
(Guru Mapel Pend. Agama dan PKN)
-      Sebagian besar siswa kurang konsentrasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
-      Hasil ulangan kurang memenuhi target yang sudah ditentukan
2
G. Hardiyanto, S.Pd
(Guru Mapel Geografi)
-      Beberapa siswa jarang mengumpulkan tugas.
-      Semangat belajarnya kurang.
3
Budi Prasetyo, S.Pd
(Guru Mapel Bahasa Inggris)
-      Yang menyenangi pelajaran Bahasa Inggris nilainya semakin baik, tetapi yang tidak menyenangi nilainya semakin buruk.
4
Drs. B. Setyo Wahyudi
(Guru Mapel. Matematika)
-      Merasa kesulitan bagaimana membangkitkan semangat / daya juang siswa belajar Matematika.
5
FX. Hariyanto N S.Sn
-      Beberapa siswa mengumpulkan tugas tidak tepat waktu.
-      Jika diberi tugas, asal jadi dan mengumpulkan.

3.3 Melakukan konfirmasi dengan beberapa orang tua siswa menggunakan School Information System (SIS), khususnya melalui telephone / hand phone.
       Dari 20 orang tua siswa (52,63% dari keseluruhan siswa) yang berhasil dihubungi dan ditanyai tentang motivasi belajar di rumah, diperoleh jawaban: 8 (40 %) orang menyatakan motivasi belajarnya biasa-biasa saja, 11 (55 %) orang tua siswa menyatakan motivasi belajar anaknya di rumah kurang, 1 (5 %) orang menyatakan tidak tahu (tanpa alasan).

4. Tahap Refleksi:

Berdasarkan hasil observasi pada Siklus I, dari beberapa orang siswa kelas VIII B kurang ada perubahan motivasi belajarnya. Hal ini terbukti dari:

4.1 Prestasi belajar / nilai tidak banyak terjadi perubahan yang signifikan, bahkan tergolong stagnan. Kenaikkan nilai rata-rata kelas: 0,45 dan kenaikan ketuntasan dan penurunan ketuntasan siswa sebesar: 3 %
4.2 Guru Mata pelajaran berpendapat bahwa situasi dan kondisi siswa ketika dilaksanakan proses kegiatan belajar mengajar, hanya mengalami sedikit perubahan.
4.3  Orang tua sebagai pendamping belajar di rumah pun berpendapat / merasakan tidak terjadi perubahan motivasi belajar anak-anaknya.
Mengapa bisa terjadi demikian, sedangkan saya (Peneliti dan Guru Bimbingan Konseling) sudah memberikan layanan bimbingan belajar yang saat itu merasakan bahwa para siswa terlibat secara aktif ?

Saya menyadari bahwa proses menumbuhkan motivasi belajar siswa tidak hanya tugas dan tanggungjawab guru di sekolah. Akan tetapi orang tua sebagai pendidik dan pendamping belajar di rumah juga memiliki peran yang sangat penting.

Siklus II

1. Perencanaan:

1.1  Berdasarkan hasil refleksi pada Siklus I, saya menemukan kesimpulan sementara bahwa penyebab kurangnya motivai belajar siswa karena kurangnya pendampingan orang tua dalam mendampingi belajar anak-anaknya.
1.2  Menyusun School Information System (SIS) dalam bentuk laporan tertulis berupa daftar isian pendampingan / pengamatan orang tua terhadap motivasi belajar anaknya selama di rumah. 

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya orang tua / wali dari
Nama                      :_______________
Kelas                      : VIII B
Dengan ini bersaksi demi Tuhan bahwa anak saya sungguh-sungguh belajar.

Hari-tangal
Pukul
Tanda tangan
Komentar Orang tua
Komentar Guru
Minggu,
30-11-2014




Senin,
01-12-2014




Selasa,
02-12-2014




Rabu,
03-12-2014




Kamis,
04-12-2014




Jumat,
05-12-2014





2. Pelaksanaan Kegiatan:

2.1  School Information System (SIS) dalam bentuk laporan tertulis berupa daftar isian pendampingan / pengamatan orang tua terhadap motivasi belajar anaknya selama di rumah, digandakan dan diedarkan kepada para orang tua melalui siswa.

2.2  School Information System (SIS) dalam bentuk laporan tertulis berupa daftar isian pendampingan / pengamatan orang tua terhadap motivasi belajar anaknya selama di rumah setiap hari sesuai jadwal harus dikumpulkan dan dianalisis. Hasilnya:
    
Hari - Tanggal
Yang mengumpulkan
Yang tidak mengumpulkan
Keterangan
Senin,
01-12-2014
14 orang
24 orang
Yang tidak mengumpulkan dikumpulkan dan diberi pengarahan agar hari berikutnya mengumpulkan
Selasa,
02-12-2014
19 orang
19 orang
Yang tidak mengumpulkan dikumpulkan dan diberi pengarahan agar hari berikutnya mengumpulkan
Rabu,
03-12-2014
25 orang
13 orang
Yang tidak mengumpulkan dikumpulkan dan diberi pengarahan agar hari berikutnya mengumpulkan
Kamis,
04-12-2014
31 orang
7 orang
Yang tidak mengumpulkan diperingatkan untuk mengumpulkan
Jumat,
05-12-2014
36 orang
2 orang
Yang tidak mengumpulkan diperingatkan untuk mengumpulkan
Sabtu,
06-12-2014
37 orang
1 orang
Yang tidak mengumpulkan tidak masuk sekolah karena sakit

3. Observasi:

3.1  Berdasarkan laporan tertulis School Information System (SIS) sederhana, berupa daftar isian pendampingan / pengamatan orang tua terhadap motivasi belajar anaknya secara langsung maupun tidak langsung selama di rumah, menunjukkan bahwa anak merasa termotivasi karena diperhatikan oleh orang tuanya.

3.2  Berdasarkan School Information System (SIS) yang lain, yakni melalui telephone / HP, beberapa orang tua menginformasikan bahwa belajar anaknya di rumah semakin terencana, giat dan bersemangat.

3.3  Berdasarkan hasil diskusi dengan beberapa Guru Mata Pelajaran merasakan bahwa situai dan kondisi kelas saat dilangsungkan proses kegiatan belajar mengajar, beberapa anak menunjukkan sikap: tertarik kepada guru; tertarik pada mata pelajaran yang diajarkan; mempunyai antusias yang tinggi serta mampu mengendalikan perhatiannya terutama kepada guru; mau bergabung dalam kelompok kelas; ada keinginan identitasnya diakui  oleh orang lain; tindakan, kebiasaan dan moralnya dalam kontrol diri; mampu mengingat pelajaran dan mempelajarinya kembali; mampu dikontrol oleh lingkungannya.

3.4  Menganalisis Daftar Nilai Akhir Kelas VIII B Semester Genap.
                  
NO
MATA PELAJARAN
NILAI RATA-RATA
KKM
YANG TUNTAS
YANG TDK TUNTAS
1
Pend. Agama
75
75
35 (91 %)
3 (9 %)
2
PKN
77
75
36 (95 %)
2 (5 %)
3
Bahasa Indonesia
76
75
35 (91 %)
3 (9 %)
4
Bahasa Inggris
76
75
34 (90 %)
4 (10 %)
5
Matematika
69
70
30 (80 %)
8 (20 %)
6
IPA
76
75
36 (95 %)
2 (5 %)
7
IPS
75
75
36 (95 %)
2 (5 %)
8
Seni Budaya
76
75
38 (100 %)
0 (0 %)
9
Pend. Jasmani
78
75
38 (100 %)
0 (0 %)
10
Ketrampilan
77
75
37 (97 %)
1 (3 %)
11
TI.Komputer
77
75
37 (97 %)
1 (3 %)
12
Mulok: Bhs.Jawa
70
75
34 (90 %)
4 (10 %)

Mulok: L. B. Ing
76
75
34 (90 %)
4 (10 %)

Rata-rata
75,23

35 (91 %)
3 (9 %)


4. Tahap Refleksi

Berdasarkan hasil observasi pada Siklus II, saya (Peneliti / Guru Bimbingan dan Konseling) merasa bangga dan senang karena:

4.1  Sebagian besar siswa kelas VIII B bertambah motivasi belajarnya, baik di rumah maupun di sekolah.
       - Berdasarkan nilai rata-rata kelas awal: 71,62, setelah dibimbing melalui layanan bimbingan belajar menjadi: 72, 07. Dan setelah diterapkan School Information System (SIS) : 75,23.
       - Berdasarkan jumlah ketuntasan siswa awal: 21 orang siswa (55 %),  setelah dibimbing melalui layanan bimbingan belajar menjadi: 22 orang siswa (58 %).
       Jadi hanya mengalami kenaikan 3 %.
       Setelah diterapkan School Information System (SIS) : 35 orang siswa (91 %). Jadi jika dibandingkan dengan kondisi awal mengalami kenaikkan 37 %.
       - Berdasarkan jumlah ketidaktuntasan siswa awal: 17 orang siswa (45 %),  setelah dibimbing melalui layanan bimbingan belajar menjadi: 16 orang siswa (42 %).
       Jadi hanya mengalami penurunan 3 %.
       Setelah diterapkan School Information System (SIS) : 3 orang siswa (9 %). Jadi jika dibandingkan dengan kondisi awal mengalami kenaikkan 91 %.

4.2  Untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dibutuhkan  School Information System (SIS) walaupun dalam bentuk sangat sederhana. Hal ini menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting dan dominan dalam memberikan motivasi belajar anak-anaknya.
   














Tidak ada komentar:

Posting Komentar