BAB IV
PROSES DAN HASIL PENELITIAN
Siklus I
1. Perencanaan:
1.1 Mencari dan menemukan data-data:
1.1.1 Daftar Nilai Rapor Siswa Kelas VIII B Tengah
Semester I Tahun Ajaran 2014 / 2015
|
NO
|
MATA
PELAJARAN
|
NILAI
RATA-RATA
|
KKM
|
YANG
TUNTAS
|
YANG
TDK TUNTAS
|
|
1
|
Pend. Agama
|
70
|
75
|
16 (42 %)
|
22 (58 %)
|
|
2
|
PKN
|
73
|
75
|
20 (53 %)
|
18 (47 %)
|
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
73
|
75
|
19 (50 %)
|
19 (50 %)
|
|
4
|
Bahasa Inggris
|
72
|
75
|
18 (47 %)
|
20 (53 %)
|
|
5
|
Matematika
|
68
|
70
|
13 (34 %)
|
25 (66 %)
|
|
6
|
IPA
|
70
|
75
|
19 (50 %)
|
19 (50 %)
|
|
7
|
IPS
|
71
|
75
|
20 (53 %)
|
18 (47 %)
|
|
8
|
Seni Budaya
|
74
|
75
|
23 (61 %)
|
15 (39 %)
|
|
9
|
Pend. Jasmani
|
74
|
75
|
36 (95 %)
|
2 ( 5 %)
|
|
10
|
Ketrampilan
|
73
|
75
|
30 (79 %)
|
8 (20 %)
|
|
11
|
TI.Komputer
|
73
|
75
|
24 (63 %)
|
14 (37 %)
|
|
12
|
Mulok: Bhs.Jawa
|
68
|
75
|
16 (42 %)
|
22 (38 %)
|
|
|
Mulok: L. B. Ing
|
72
|
75
|
18 (47 %)
|
20 (53 %)
|
|
|
Rata-rata
|
71,62
|
|
21 (55 %)
|
17 (45 %)
|
1.1.2 Mengadakan diskusi / wawancara dengan Guru
Mata Pelajaran, menyatakan bahwa sebagian besar siswa kurang memiliki motivasi
belajar saat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di kelas.
1.2 Menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan
dan Konseling:
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
1 Pokok
Permasalahan/Bahasan : Motivasi Belajar
2. Bidang bimbingan :
Belajar
3. Jenis layanan :
Informasi
4. - Fungsi
layanan :
Pemahaman dan pencegahan
-
Dasar Pemikiran :
Motivasi adalah suatu usaha yang mempunyai tujuan untuk menggerakkan,
mengarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar terdorong untuk mencapai
tujuan tertentu.
Motivasi memang sangat mendasari semua prilaku
individu, bedanya ada yang dirasakan ada yang tidak, pada suatu perilaku yang
sangat akut dan pada perilaku yang tidak kuat. Jadi bagi seorang pendidik dan
orang tua, motivasi ini sangatlah perlu artinya untuk meningkakan kualiatas
pendidikan.
Orang tua menjadi salah satu pemegang peranan
penting dalam proses memotivasi belajar anak. Oleh karena itu, belajar formal
di sekolah tidak bisa dipisahkan dari peran serta orang tua. Demi kepentingan
anak, sekolah dan orang tua harus mempunyai keterikatan yang baik, hubungan
yang harmonis sehingga anak pun dapat bertumbuh kembang secara maksimal sesuai
dengan kemampuan emosional dan intelektualnya.
5. Tujuan layanan/hasil yang ingin dicapai :
a. Siswa mengetahui arti motivasi.
b. Siswa mengetahui jenis-jenis motivasi.
c. Siswa dapat mengetahui faktor-faktor yang dapat menumbuhkan
motivasi belajarnya.
d. Siswa dapat dapat termotivi dalam belajar
6. Perwujudan Spiritualitas CB
Standar
Kompetensi:
a. Memahami dan menghayati sikap syukur, tabah, berdaya juang dalam mencapai keberhasilan serta semangat ugahari
dalam kehidupan di lingkungan keluarga,
sekolah, dan masyarakat (celebration)
b. Membangun disiplin
sebagai sarana mewujudkan keteraturan dan keberhasilan hidup (kedisiplinan)
7. Perwujudan
berdasarkan Pendidikan Karakter Tarakanita (CELEBRATION)
Kompetensi Dasar
Memahami perlunya
memiliki sikap tabah dan berdaya juang untuk mencapai keberhasilan hidup di
lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Indikator
Menunjukkan 3
contoh peristiwa dalam mencapai
keberhasilan yang
didasari sikap
tabah
8. Sasaran layanan :
Siswa kelas VIII
9. Uraian kegiatan dan Materi layanan :
a. Penjelasan tentang pengertian motivasi:
- Guru bersama siswa mendiskusikan, mengapa beberapa siswa memiliki nilai kurang
memuaskan ?
(Harapan jawaban: siswa tersebut kurang disiplin dalam
belajar, kurang memiliki daya juang, kurang memiliki motivasi dalam belajar)
- Guru bersama siswa mendiskusikan, apakah arti motivasi itu ?
(Harapan jawaban: Motivasi adalah suatu usaha yang
mempunyai tujuan untuk menggerakkan, mengarahkan dan menjaga tingkah laku
seseorang agar terdorong untuk mencapai tujuan tertentu.)
b. Macam-macam motivasi:
- Guru bersama siswa mendiskusikan , Sebutkan jenis-jenis
motivasi !
(Harapan jawaban: Motivasi intrinsik adalah
hal dan keadaan yang berasal dari dalam diri individu sendiri yang dapat
mendorongnya melakukan tindakan belajar. Sebagaimana yang dikemukakan di atas
bahwa motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan oleh faktor pendorong
dari luar individu).
c. Guru bersama siswa mendiskusikan, faktor-faktor saja yang dapat menumbuhkan motivasi belajar ?
(Harapan jawaban: situasi rumah, sarana
belajar, kesempatan belajar, pengawasan orang tua).
d. Siswa disuruh membuat kalimat komitmen
berkaitan dengan motivasi belajarnya.
Contoh:
Mulai hari ini Ronny
Harus
lebih tekun belajar
10. Metode
: Ceramah , diskusi, tanya jawab, unjuk kerja
11. Tempat penyelenggaraan layanan : Ruang kelas
12. Hari/Tanggal :
13. Penyelenggara layanan : Guru BK
14. Pihak lain yang disertakan dalam layanan:
15. Alat perlengkapan yang dipergunakan :
16. Keterkaitan layanan dengan layanan/pendukung
lain:
17. Rencana penilaian dan tindak lanjut :
a. Penilaian, partisipasi siswa dan hasil unjuk kerja
Tindak lanjut,
bimbingan khusus
Solo Baru, Desember 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
BK
Y. Joko Wiharjo, SPd. A.
Sardi
2. Pelaksanaan Kegiatan
3. Observasi
3.1 Menganalisis daftar nilai hasil ulangan satu Kompetensi suatu mata
pelajaran:
|
NO
|
MATA
PELAJARAN
|
NILAI
RATA-RATA
|
KKM
|
YANG
TUNTAS
|
YANG
TDK TUNTAS
|
|
1
|
Pend. Agama
|
71
|
75
|
17 (45 %)
|
21 (55 %)
|
|
2
|
PKN
|
73
|
75
|
21 (55 %)
|
17 (45 %)
|
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
73
|
75
|
19 (50 %)
|
19 (50 %)
|
|
4
|
Bahasa Inggris
|
73
|
75
|
18 (47 %)
|
20 (53 %)
|
|
5
|
Matematika
|
68
|
70
|
13 (34 %)
|
25 (66 %)
|
|
6
|
IPA
|
71
|
75
|
20 (53 %)
|
18 (47 %)
|
|
7
|
IPS
|
71
|
75
|
20 (53 %)
|
18 (47 %)
|
|
8
|
Seni Budaya
|
74
|
75
|
23 (61 %)
|
15 (39 %)
|
|
9
|
Pend. Jasmani
|
74
|
75
|
37 (97 %)
|
1 (3 %)
|
|
10
|
Ketrampilan
|
75
|
75
|
38 (100%)
|
0 (o %)
|
|
11
|
TI.Komputer
|
73
|
75
|
24 (63 %)
|
14 (37 %)
|
|
12
|
Mulok: Bhs.Jawa
|
68
|
75
|
16 (42 %)
|
22 (58 %)
|
|
|
Mulok: L. B. Ing
|
73
|
75
|
18 (47 %)
|
20 (53 %)
|
|
|
Rata-rata
|
72,07
|
|
22 (58 %)
|
16 (42 %)
|
3.2 Melakukan
diskusi / wawancara dengan Guru Mata pelajaran berkaitan dengan motivasi
belajar siswa selama mengikuti proses kegiatan belajar mengajar:
|
No
|
Nama Guru
|
Pendapat
|
|
1
|
P. Jetty Suryadewi,
S.Ag
(Guru Mapel Pend. Agama
dan PKN)
|
-
Sebagian besar siswa kurang konsentrasi dalam mengikuti kegiatan belajar
mengajar.
-
Hasil ulangan kurang memenuhi target yang sudah ditentukan
|
|
2
|
G. Hardiyanto, S.Pd
(Guru Mapel Geografi)
|
-
Beberapa siswa jarang mengumpulkan tugas.
-
Semangat belajarnya kurang.
|
|
3
|
Budi Prasetyo, S.Pd
(Guru Mapel Bahasa
Inggris)
|
-
Yang menyenangi pelajaran Bahasa Inggris nilainya semakin baik, tetapi
yang tidak menyenangi nilainya semakin buruk.
|
|
4
|
Drs. B. Setyo Wahyudi
(Guru Mapel.
Matematika)
|
-
Merasa kesulitan bagaimana membangkitkan semangat / daya juang siswa
belajar Matematika.
|
|
5
|
FX. Hariyanto N S.Sn
|
-
Beberapa siswa mengumpulkan tugas tidak tepat waktu.
-
Jika diberi tugas, asal jadi dan mengumpulkan.
|
3.3 Melakukan konfirmasi dengan beberapa orang tua
siswa menggunakan School Information
System (SIS), khususnya melalui telephone / hand phone.
Dari
20 orang tua siswa (52,63% dari keseluruhan siswa) yang berhasil dihubungi dan
ditanyai tentang motivasi belajar di rumah, diperoleh jawaban: 8 (40 %) orang
menyatakan motivasi belajarnya biasa-biasa saja, 11 (55 %) orang tua siswa menyatakan
motivasi belajar anaknya di rumah kurang, 1 (5 %) orang menyatakan tidak tahu
(tanpa alasan).
4. Tahap Refleksi:
Berdasarkan hasil observasi pada Siklus I, dari beberapa orang siswa kelas
VIII B kurang ada perubahan motivasi belajarnya. Hal ini terbukti dari:
4.1 Prestasi
belajar / nilai tidak banyak terjadi perubahan yang signifikan, bahkan
tergolong stagnan. Kenaikkan nilai rata-rata kelas: 0,45 dan kenaikan
ketuntasan dan penurunan ketuntasan siswa sebesar: 3 %
4.2 Guru Mata pelajaran berpendapat bahwa situasi
dan kondisi siswa ketika dilaksanakan proses kegiatan belajar mengajar, hanya
mengalami sedikit perubahan.
4.3 Orang
tua sebagai pendamping belajar di rumah pun berpendapat / merasakan tidak
terjadi perubahan motivasi belajar anak-anaknya.
Mengapa bisa terjadi demikian, sedangkan saya (Peneliti dan Guru Bimbingan
Konseling) sudah memberikan layanan bimbingan belajar yang saat itu merasakan
bahwa para siswa terlibat secara aktif ?
Saya menyadari bahwa proses menumbuhkan motivasi belajar siswa tidak hanya
tugas dan tanggungjawab guru di sekolah. Akan tetapi orang tua sebagai pendidik
dan pendamping belajar di rumah juga memiliki peran yang sangat penting.
Siklus II
1. Perencanaan:
1.1 Berdasarkan hasil refleksi pada Siklus I, saya
menemukan kesimpulan sementara bahwa penyebab kurangnya motivai belajar siswa
karena kurangnya pendampingan orang tua dalam mendampingi belajar anak-anaknya.
1.2
Menyusun School Information System
(SIS) dalam bentuk laporan tertulis berupa daftar isian pendampingan /
pengamatan orang tua terhadap motivasi belajar anaknya selama di rumah.
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya orang tua / wali dari
Nama :_______________
Kelas : VIII B
Dengan ini bersaksi demi Tuhan bahwa anak saya sungguh-sungguh belajar.
|
Hari-tangal
|
Pukul
|
Tanda tangan
|
Komentar Orang tua
|
Komentar Guru
|
|
Minggu,
30-11-2014
|
|
|
|
|
|
Senin,
01-12-2014
|
|
|
|
|
|
Selasa,
02-12-2014
|
|
|
|
|
|
Rabu,
03-12-2014
|
|
|
|
|
|
Kamis,
04-12-2014
|
|
|
|
|
|
Jumat,
05-12-2014
|
|
|
|
|
2. Pelaksanaan Kegiatan:
2.1 School Information System (SIS) dalam
bentuk laporan tertulis berupa daftar isian pendampingan / pengamatan orang tua
terhadap motivasi belajar anaknya selama di rumah, digandakan dan diedarkan
kepada para orang tua melalui siswa.
2.2 School Information System (SIS) dalam
bentuk laporan tertulis berupa daftar isian pendampingan / pengamatan orang tua
terhadap motivasi belajar anaknya selama di rumah setiap hari sesuai jadwal
harus dikumpulkan dan dianalisis. Hasilnya:
|
Hari - Tanggal
|
Yang mengumpulkan
|
Yang tidak mengumpulkan
|
Keterangan
|
|
Senin,
01-12-2014
|
14 orang
|
24 orang
|
Yang tidak mengumpulkan
dikumpulkan dan diberi pengarahan agar hari berikutnya mengumpulkan
|
|
Selasa,
02-12-2014
|
19 orang
|
19 orang
|
Yang tidak mengumpulkan
dikumpulkan dan diberi pengarahan agar hari berikutnya mengumpulkan
|
|
Rabu,
03-12-2014
|
25 orang
|
13 orang
|
Yang tidak mengumpulkan
dikumpulkan dan diberi pengarahan agar hari berikutnya mengumpulkan
|
|
Kamis,
04-12-2014
|
31 orang
|
7 orang
|
Yang tidak mengumpulkan
diperingatkan untuk mengumpulkan
|
|
Jumat,
05-12-2014
|
36 orang
|
2 orang
|
Yang tidak mengumpulkan
diperingatkan untuk mengumpulkan
|
|
Sabtu,
06-12-2014
|
37 orang
|
1 orang
|
Yang tidak mengumpulkan
tidak masuk sekolah karena sakit
|
3.
Observasi:
3.1
Berdasarkan laporan tertulis School
Information System (SIS) sederhana, berupa daftar isian pendampingan /
pengamatan orang tua terhadap motivasi belajar anaknya secara langsung maupun
tidak langsung selama di rumah, menunjukkan bahwa anak merasa termotivasi
karena diperhatikan oleh orang tuanya.
3.2 Berdasarkan
School Information System (SIS) yang
lain, yakni melalui telephone / HP, beberapa orang tua menginformasikan bahwa
belajar anaknya di rumah semakin terencana, giat dan bersemangat.
3.3 Berdasarkan
hasil diskusi dengan beberapa Guru Mata Pelajaran merasakan bahwa situai dan
kondisi kelas saat dilangsungkan proses kegiatan belajar mengajar, beberapa
anak menunjukkan sikap: tertarik kepada guru; tertarik pada mata pelajaran yang
diajarkan; mempunyai antusias yang tinggi serta mampu mengendalikan
perhatiannya terutama kepada guru; mau bergabung dalam kelompok kelas; ada keinginan
identitasnya diakui oleh orang lain;
tindakan, kebiasaan dan moralnya dalam kontrol diri; mampu mengingat pelajaran
dan mempelajarinya kembali; mampu dikontrol oleh lingkungannya.
3.4 Menganalisis
Daftar Nilai Akhir Kelas VIII B Semester Genap.
|
NO
|
MATA
PELAJARAN
|
NILAI
RATA-RATA
|
KKM
|
YANG
TUNTAS
|
YANG
TDK TUNTAS
|
|
1
|
Pend. Agama
|
75
|
75
|
35 (91 %)
|
3 (9 %)
|
|
2
|
PKN
|
77
|
75
|
36 (95 %)
|
2 (5 %)
|
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
76
|
75
|
35 (91 %)
|
3 (9 %)
|
|
4
|
Bahasa Inggris
|
76
|
75
|
34 (90 %)
|
4 (10 %)
|
|
5
|
Matematika
|
69
|
70
|
30 (80 %)
|
8 (20 %)
|
|
6
|
IPA
|
76
|
75
|
36 (95 %)
|
2 (5 %)
|
|
7
|
IPS
|
75
|
75
|
36 (95 %)
|
2 (5 %)
|
|
8
|
Seni Budaya
|
76
|
75
|
38 (100 %)
|
0 (0 %)
|
|
9
|
Pend. Jasmani
|
78
|
75
|
38 (100 %)
|
0 (0 %)
|
|
10
|
Ketrampilan
|
77
|
75
|
37 (97 %)
|
1 (3 %)
|
|
11
|
TI.Komputer
|
77
|
75
|
37 (97 %)
|
1 (3 %)
|
|
12
|
Mulok: Bhs.Jawa
|
70
|
75
|
34 (90 %)
|
4 (10 %)
|
|
|
Mulok: L. B. Ing
|
76
|
75
|
34 (90 %)
|
4 (10 %)
|
|
|
Rata-rata
|
75,23
|
|
35 (91 %)
|
3 (9 %)
|
4. Tahap Refleksi
Berdasarkan hasil observasi pada Siklus II, saya (Peneliti / Guru Bimbingan
dan Konseling) merasa bangga dan senang karena:
4.1 Sebagian
besar siswa kelas VIII B bertambah motivasi belajarnya, baik di rumah maupun di
sekolah.
-
Berdasarkan nilai rata-rata kelas awal: 71,62, setelah dibimbing melalui
layanan bimbingan belajar menjadi: 72, 07. Dan setelah diterapkan School Information System (SIS) : 75,23.
-
Berdasarkan jumlah ketuntasan siswa awal: 21 orang siswa (55 %), setelah dibimbing melalui layanan bimbingan
belajar menjadi: 22 orang siswa (58 %).
Jadi
hanya mengalami kenaikan 3 %.
Setelah
diterapkan School Information System
(SIS) : 35 orang siswa (91 %). Jadi jika dibandingkan dengan kondisi awal
mengalami kenaikkan 37 %.
-
Berdasarkan jumlah ketidaktuntasan siswa awal: 17 orang siswa (45 %), setelah dibimbing melalui layanan bimbingan
belajar menjadi: 16 orang siswa (42 %).
Jadi
hanya mengalami penurunan 3 %.
Setelah
diterapkan School Information System
(SIS) : 3 orang siswa (9 %). Jadi jika dibandingkan dengan kondisi awal
mengalami kenaikkan 91 %.
4.2 Untuk
menumbuhkan motivasi belajar siswa dibutuhkan
School Information System (SIS)
walaupun dalam bentuk sangat sederhana. Hal ini menunjukkan bahwa peran orang
tua sangat penting dan dominan dalam memberikan motivasi belajar anak-anaknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar